14 Mar 2019 17:06

Siskeudes Hapus Jabatan Bendahara Kampung

MyPassion
Jefry Gaghana

MANADOPOSTONLINE.COM—Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) bakal diterapkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kepulauan Sangihe. Dalam upaya mengoptimalkan pengelolaan keuangan di desa. Hal ini dikatakan Kadis PMD Sangihe Jefry Gaghana MH.

Dia menjelaskan penerapan Siskeudes disesuaikan dengan Permendagri 20 Tahun 2018 Tentang Perubahan Pengelolaan Keuangan Desa. Didalamnya ada beberapa jabatan hilang. Termasuk bendahara desa yang ditangani Kaur Keuangan. Terkait penerapan Aplikasi Siskeudes, PMD akan menggelar bimbingan teknik (Bimtek) kepada perangkat kampung yang baru dilantik.

"Sesuai rencana, Maret ini akan dilaksanakan bimtek. Dikarenakan, ada perubahan struktur desa. Dimana bendahara kampung sudah ditiadakan dan menjadi Kaur Keuangan," ungkap Gaghana. 

Lanjutnya, penerapan Siskeudes juga sebagai peralihan sistem keuangan perangkat kampung. Yang selama ini masih manual. Hingga diharapkan lewat bimtek mampu meningkatkan pemahaman perangkat kampung tentang sistem Siskeudes yang lebih baik.

"Pentingnya bimtek untuk perangkat kampung. Sebab kalau salah nomor rekening bisa saja uang tidak masuk. Lagi pula perlu lakukan bimtek untuk mengubah sistem keuangan yang selama ini masih manual,” kata Gaghana, sembari menambahkan, pemberi materi Bimtek melibatkan pejabat dan staf teknis pada Dinas Keuangan. Termasuk pihak Badan Pengawas Keuangan.(wan/gel)

Kirim Komentar