14 Mar 2019 15:32
Aplikasi Sikemas Wujudkan Smart City

Masalah Sampah di Kotamobagu Paling Banyak Dikeluhkan

MyPassion
Grafis.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Untuk mewujudkan Kotamobagu smart city, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mendorong masyarakat menggunakan aplikasi sistem keluhan masyarakat (Sikemas).

 

Menurut  Kepala Bidang Statistik, Informasi, dan Komunikasi Publik Diskominfo Kotamobagu Fahri Damopolii, aplikasi Sikemas di luncurkan pemkot selain memenuhi kebutuhan informasi cepat, tepat, dan terpadu, sekaligus mendukung kebijakan Pemkot Kotamobagu untuk memberikan informasi dalam bentuk keluhan dari masyarakat.
"Sistem kerja aplikasi ini dibuat  untuk  laporan, keluhan, saran yang disampaikan masyarakat melalui aplikasi berbasis android ini," ungkap Damopolii.

Dijelaskannya, aplikasi ini bekerja secara otomatis. Setiap laporan akan di forward oleh sistem ke SKPD teknis untuk menunggu respon atau tanggapan. Setelah diterima, SKPD teknis akan menindaklanjuti  laporan tersebut dengan jangka waktu penyelesaian sesuai tingkat permasalahan yang disampaikan. "Setelah ditanggapi, sistem pun secara otomatis akan mengirimkan respon ke aplikasi Sikemas yang bisa dilihat dan dibaca oleh masyarakat umum," ucapnya.

Damopolii juga menerangkan, sejauh ini pengaduan atau keluhan yang dilaporkan masyarakat itu, mulai sampah, pelayanan rumah sakit, tata tertib dan jalan raya. "Dengan aplikasi ini bisa mendorong lagi masyarakat untuk mendownload aplikasi. Jika ada laporan bisa melalui aplikasi tersebut. Dan sejauh ini laporan yang masuk paling banyak yakni sampah," terangnya.(tr-06/ite)

Kirim Komentar