14 Mar 2019 15:46

Gaji Sangadi Boltim.Naik Lima Juta, Bupati: Sesuai Kerja dan Kinerja

MyPassion
Sehan Landjar.(dok Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM---Seluruh Sangadi (kepala desa) di Kabupaten Boltim sumringah. Karena akan mengalami kenaikan gaji. Dari awalnya Rp 3,5  akan naik menjadi Rp 5 juta.

 

Bupati Boltim Sehan Landjar menjelaskan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2019 tentang perubahan atas PP nomor 43 tahun 2019 tentang peraturan pelaksanaan Undang-undang Desa. Diantaranya gaji perangkat desa setara dengan gaji pokok PNS golongan II A.

"Jika di Kabupaten Boltim gaji sangadi sekarang Rp 3,5 juta sedangkan Ketua BPD Rp 1,5 juta. Nanti akan dinaikan tergantung kinerja," katanya.

Bupati dua periode itu pun memastikan akan menaikan gaji para sangadi dan aparat desa apabila semuanya bekerja dengan baik untuk melayani masyarakat. Dia pun menekankan,  kenaikan gaji sangadi dan perangkat desa merupakan inisiatif dan kebijakan Pemkab Boltim.

“Didasari dengan melihat kinerja mereka dalam menjalankan program desa dan daerah. Sangadi harus mampu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat serta meneruskan program daerah," tekannya, sembari meminta Dinas PMD untuk mengawasi kerja dan kinerja sangadi, BPD dan perangkat desa.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Boltim Slamet Umbola mengatakan, tiap tahun gaji sangadi serta perangkat desa naik. Dia menyebutkan sejak Pemerintahan Sehan Landjar -Rusdi Gumalangit (SERU)sudah beberapa kali menaikan gaji sangadi dan perangkat desa.

"Awalnya gaji sangadi Rp 1,5 juta sekarang sudah Rp 3,5 juta dan akan naik lagi menjadi Rp 5 juta. Kenaikan ini akan terus dilakukan mengikuti kinerja para sangadi. Oleh karena itu semua perangkat desa harus bekerja dengan baik," tukasnya. (tr-01/ite)

Kirim Komentar