14 Mar 2019 08:20

Boeing 737 MAX `Diboikot` Banyak Negara

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Senat Amerika Serikat menyatakan bakal menggelar rapat dengar pendapat dengan Badan Penerbangan AS (FAA), terkait meluasnya larangan operasional Boeing tipe 737 MAX 8. Sebab, sejumlah anggota Dewan Perwakilan mendesak supaya FAA segera mengistirahatkan sementara burung besi itu, terkait kecelakaan maut di Indonesia dan Ethiopia.

 

“Di luar kekhawatiran masyarakat luas untuk terbang, FAA harus mengistirahatkan 737 MAX 8 sampai kita tahu penyebab kecelakaan yang terjadi belakangan ini dan bisa memastikan pesawat itu layak terbang,” cuit Senator dari Partai Republik Mitt Romney, seperti dilansir Reuters, Rabu (13/3) dan dilansir lagi dari CNNIndonesia.

Senator Elizabeth Warren dari Partai Demokrat juga menyatakan hal yang serupa dengan Romney. Dia menyatakan FAA harus segera melarang sementara penggunaan 737 MAX 8 di AS sampai tingkat keselamatannya terjamin. Dua sejawatnya, Richard Blumenthal dan Dianne Fenstein, juga menyarankan hal yang sama.

Dua senator asal Partai Republik, Roger Wicker yang menjadi anggota Komite Perdagangan dan rekannya, Ted Cruz, yang menjadi anggota subkomite penerbangan dan antariksa, juga sudah mengajukan permintaan untuk digelar rapat dengar pendapat terkait Boeing 737 MAX 8.

"Sebaiknya mengistirahatkan 737 MAX sampai FAA bisa menjamin keamanan pesawat itu dan seluruh penumpang. Rapat dengar pendapat perlu dilakukan untuk menyelidiki dan menentukan penyebab kecelakaan, serta memastikan industri penerbangan AS tetap sebagai yang paling aman di dunia," ujar Cruz.

123
Kirim Komentar