14 Mar 2019 19:44

Bekraf Latih Mahasiswa Kembangkan Bisnis di Era Digital

MyPassion
Eka Rangga Perwita

MANADOPOSTONLINE.COM—Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan program pengembangan kapasitas Bekraf Young Technology Entrepreneurs (BYTE), Kamis (14/3). BYTE merupakan program pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa yang fokus pada optimalisasi strategi bisnis di era digital. Tujuannya untuk mendorong pengusaha milenial agar dapat mempertahankan dan mengembangkan bisnis mereka.

Project Manager Eka Rangga Perwita mengatakan kegiatan ini difokuskan buat mahasiswa. Kemudian buat mereka yang sudah memiliki usaha. "Entah itu produk sebuah barang atau ide sebuah usaha," ungkapnya.

Ia menjelaskan, pesertanya difokuskan ke dua hal itu karena pada prinsip dasarnya adalah cepat dapat aselerasi dari yang sudah ada. Agar usahanya langsung keliatan.

Lanjutnya, pihaknya tidak lakukan pendanaan secara langsung. Tapi membantu untuk development. Seperti keperluan usaha untuk pengembangan. Contohnya, planning usaha. “Usaha teman-teman bisa dikenal, punya sistem dan bisa berkembang secara sistem. Kemudian kami bantu lewat sisi pemasaran. Lewat bantuan teknologi untuk marketing dan scalable lebih luas lagi," tambahnya.

Ia mengungkapkan, peserta terbaik dilihat dari niat mereka untuk mengubah dan memperbaiki produknya. “Kami akan saring setiap peserta sehingga bisa dapat tiga peserta terbaik dengan tingkatan ilmu yang berbeda-beda. Ketiga peserta inilah yang produknya sudah siap dan matang untuk dijual," katanya.

"Usahanya bisa jalan dan bisa rekrut karyawan. Sehingga ekosistem mulai terbangun. Ownernya mau gabung komunitas, pendapatan naik, bisa meningkatkan tenaga kerja dan pendapatan pajak," tutupnya. (lin)

Kirim Komentar