13 Mar 2019 10:34

Dicover Jaminan Kesehatan, 110 Ribu Warga Manado ke Dokter Gratis

MyPassion
Ilustrasi BPJS Kesehatan.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kota Manado memberikan jaminan kesehatan bagi warga tidak mampu melalui BPJS Kesehatan. Sebanyak 110 ribu warga dianggarkan tahun ini. Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari BPJS Kesehatan telah dibagikan Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut kepada masyarakat tidak mampu.

 

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setkot Manado Frans Mawitjere mengatakan, kesehatan warga Manado menjadi perhatian penting pemerintah. Menurut dia, dari 519 ribu penduduk Manado, yang memiliki jaminan kesehatan 414 ribu. Sisa yang belum tercover BPJS, 105 ribu warga atau 20,2 persen. “Pemerintah menambah 86.411 jiwa warga tidak mampu dicover BPJS tahun lalu. Sebelumnya sudah 23.595 jiwa yang dianggarkan. Jadi total 110 ribu warga tercover BPJS,” ujarnya.

Dia mengatakan, pemerintah menambah kuota BPJS. “Ini juga sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) 8/20178 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Sebab sesuai Inpres, 2019 semua warga di kabupaten/kota harus tercover BPJS,” katanya.

Dia menjelaskan, kesehatan sangat penting bagi warga. Karena dengan warga sehat maka produksi akan meningkat dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi.  “Kalau warganya sakit-sakit tidak sehat akan memperlambat pertumbuhan ekonomi. Karena itu masyarakat tidak mampu harus dijamin kesehatannya,” ujarnya.

Dia juga meminta perusahaan mengcover pekerjanya dengan jaminan kesehatan BPJS. “Wajib bagi perusahaan memberikan jaminan kesehatan bagi pekerja. Warga mampu bisa mengikuti jaminan kesehatan melalui kepersertaan mandiri agar semua warga Manado tercover BPJS,” ajaknya.

Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik Ivana F Umboh membenarkan tahun ini sebanyak 110 ribu warga Manado akan tercover BPJS. “Kami berterima kasih kepada Pemkot Manado yang telah memberikan jaminan kesehatan bagi warganya dari 23 ribu jiwa tahun lalu menjadi 110 jiwa,” pungkasnya.(ite/gel)

Kirim Komentar