12 Mar 2019 12:46

Pemprov Perpendek Proses Administrasi Guru

MyPassion
Grace Punuh

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) mulai memangkas sistem administrasi tenaga pendidik atau guru SMA dan SMK.

 

Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut Grace Punuh mengatakan, pemangkasan administrasi tersebut adalah penyederhanaan sistem.

"Jadi pengawasan untuk peningkatan mutu dan status sekolah mulai tahun ini, kita sudah meningkatkan peran kelembagaan 10 Cabang Dinas di kabupaten/kota sesuai Pergub Sulut 61/2017 tentang Pembentukan UPT Dinas Pendidikan. Jadi kalau dahulu itu, semua proses administrasi harus diurus di Kantor Dinas Pendidikan. Sekarang, kita sudah perpendek dengan membuat pengurusan bisa di cabang dinas," tuturnya.

Dengan berkurangnya jarak dan waktu, menurut Punuh, pengurusan administrasi dan hak kepegawaian guru serta tenaga kependidikan maka akan lebih efektif dan meringankan guru tersebut.

Punuh juga meyakini, dengan sistem saat ini akan banyak waktu guru di sekolah untuk kegiatan belajar mengajar maupun menciptakan inovasi.

"Ya kan kalau waktu lebih pendek untuk mengurus administrasi, maka waktu mereka berada di sekolah akan lebih banyak. Kan tidak efektif juga, guru yang ada di Talaud harus datang ke Manado untuk mengurus administrasi dan hak kepegawaian. Jadi kita efektifkan semua cabang dinas di tahun ini. Agar tidak banyak biaya, serta tidak lebih efektif. Kita harap juga, guru dapat lebih inovatif," ujarnya.

Pengurusan administrasi tersebut, menurutnya, melingkupi surat tugas dalam daerah serta proses kenaikan pangkat dari guru. Hal itu, menurut Punuh, akan lebih mudah dan tidak memakan waktu lama. (tr-02/can)

Kirim Komentar