11 Mar 2019 10:45

Cina Hentikan Operasional Boeing 737 MAX 8

MyPassion
Puing pesawat Ethiopian Airlines ET 302 di lokasi kecelakaan dekat kota Bishoftu, tenggara Addis Ababa, Ethiopia. (REUTERS / Tiksa Negeri)

MANADOPOSTONLINE.COM--Buntut kecelakaan di Ethiopia, Cina menghentikan operasional Boeing 737 MAX 8. Sebelumnya, Pesawat Boeing 737 Max-8 milik Ethiopian Airlines yang jatuh setelah lepas landas dari Addis Ababa Bole International Airport Etiopia menuju Nairobi, Kenya, Minggu (10/3).

Dilansir dari tempo.co, administrasi Penerbangan Sipil Cina (CAAC) mengatakan pihaknya akan menghubungi dulu Boeing dan Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) untuk memastikan keamanan penerbangan.

CAAC menambahkan bahwa imbauan sejalan dengan prinsip toleransi nol terhadap keselamatan dan risiko penerbangan.

"Mengingat bahwa dua kecelakaan melibatkan pesawat Boeing 737-8 yang baru dikirim dan terjadi selama fase tinggal landas, mereka memiliki beberapa tingkat kesamaan," kata CAAC dikutip tempo.co dari laporan Reuters, 11 Maret 2019.

Sementara itu,  saat ini ada 2 maskapai Indonesia yang mengoperasikan pesawat generasi terbaru dari Boeing itu, yaitu Lion Air dengan 10 pesawat dan Garuda Indonesia dengan satu pesawat.

Lion Air sejatinya memesan pesawat ini sebanyak 218 unit sedangkan Garuda juga memesan sebanyak 26 unit pesawat.(mpo)

Kirim Komentar