04 Mar 2019 09:34

Kim Jong Un-Donald Trump Mesra Tapi Saling Ancam

MyPassion
DISOROT: Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump berbicara di taman hotel Metropole selama Korea Utara-AS kedua. KTT di Hanoi, Vietnam. (REUTERS / Leah Millis)

HANOI—Hubungan dua pimpinan negara, yakni Presiden Donald Trump dari Amerika Serikat dan Kim Jong Un Korea Utara cukup membingungkan. Keduanya gagal temui kata sepakat dalam pertemuan terakhir, tapi Trump bilang hubungan mereka masih cukup harmonis.

Contohnya Sabtu kemarin, Presiden AS Donald Trump mengatakan Korea Utara adalah negara dengan masa depan yang cerah.... tapi sekaligus suram dalam satu kalimat saja.

“Korea Utara memiliki masa depan ekonomi yang luar biasa, brilian jika mereka membuat kesepakatan, tetapi mereka tidak memiliki masa depan ekonomi jika mereka memiliki senjata nuklir,” kata Trump pada Conservative Political Action Conference, seperti dilansir dari Reuters, Minggu (3/3) dilansir lagi dari cnbcindonesia.

Di kesempatan yang sama, Trump mengatakan hubungan dengan Kim Jong Un dan Korea Utara sangat baik-baik saja. Bahkan sangat kuat, "Very, very strong," mengutip ucapan Trump. Sebagai bukti, Pentagon mengonfirmasi bahwa Amerika Serikat telah sepakat mengakhiri latihan militer skala besar bersama mereka.

Menurut sebuah pernyataan, Kepala Pentagon Patrick Shanahan berbicara dengan mitranya dari Korea Selatan pada Sabtu dan mereka sepakat menyesuaikan program pelatihan mereka.

Keduanya "memperjelas bahwa keputusan Aliansi untuk menyesuaikan program pelatihan kami mencerminkan keinginan kami mengurangi ketegangan dan mendukung upaya diplomatik kami untuk mencapai denuklirisasi lengkap Semenanjung Korea secara final, sepenuhnya diverifikasi," kata Pentagon.

12
Kirim Komentar