04 Mar 2019 10:09

Kesaksian OD, Sempat Gagal Karena Tinggalkan Pembangunan Gereja

MyPassion
Gubernur Sulut Olly Dondokambey memberikan sambutan pada ibadah syukur HUT ke-63 GMIM Imanuel Koka, kemarin.

 

MANADO - Puluhan tahun silam, mungkin tidak seorang pun menyangka Olly Dondokambey (OD) bakal menjadi orang nomor satu di Sulawesi Utara (Sulut). Pasalnya, OD sempat gagal dalam pencalonan diri anggota DPR RI periode 1999-2004. Kemarin, Minggu (3/3) OD menuturkan, dirinya pernah menjadi ketua pembangunan gereja.

"Jadi ketika itu saya menjadi Caleg DPR RI sekaligus dipercayakan sebagai ketua pembangunan gereja. Proses pembelian lahan hingga pembangunan fisik gereja tidak menemui kendala berarti. Semua dapat dituntaskannya. Kendati demikian, ada satu kendala, ruangan gereja ternyata belum dilengkapi kursi, meja dan perlengkapan lainnya. Namun tetap kita resmikan," bebernya, saat memberikan sambutan pada ibadah syukur HUT ke-63 GMIM Imanuel Koka Mapanget Manado.

OD mengaku, tidak pernah bosan menyampaikan kisah tersebut dengan tujuan menginspirasi seluruh masyarakat Sulut. Karena waktu pembangunan gereja bersamaan dengan pemilihan legislatif membuat Olly meminta pendeta untuk mengundang Ketua Sinode GPIB meresmikan gereja tersebut. Lanjut Olly, pendeta mengatakan kepadanya bahwa gereja belum siap diresmikan karena tidak adanya kelengkapan ruangan ibadah.

"Ya satu kesalahan kita saat itu tetap melakukan peresmian, padahal belum ada semua kursi dalam gereja. Akhirnya, saya tidak terpilih sebagai anggota DPR RI periode 1999-2004. Saya merenungkan penyebab kegagalan menjadi legislator. Saat itu, baru saya sadari saya tidak terpilih akibat meninggalkan pembangunan gereja," katanya.

Gagal jadi anggota dewan tak membuat OD larut dalam kesedihan. Sebaliknya OD semakin bersemangat melanjutkan pembangunan gereja. Olly langsung bergerak cepat mengumpulkan seluruh panitia pembangunan, dana pembelian peralatan ibadah, membangun pastori, fasilitas anak hingga area parkir.

"Memang sebenarnya, hidup ini hanya untuk Tuhan. Tidak boleh ada yang lain. Saya sadar, dan kembali bangun dan menuntaskan apa yang menjadi kemauan Tuhan. Pada tahun 2004, saya mencalonkan kembali sebagai anggota DPR RI dan berhasil terpilih hingga periode berikutnya," tuturnya.

Dirinya meminta, agar semua masyarakat tetap menyadari apa yang dipercayakan Tuhan. Jangan sekali-kali meninggalkan hal tersebut. OD mengajar agar semua masyarakat di Sulut tetap menjaga kerukunan. Dan pihaknya berkomitmen bakal membantu semua rumah ibadah yang memang membutuhkan. (tr-02/ite)

Kirim Komentar