28 Feb 2019 10:37

Perangi Sampah Plastik, GMIM Imbau Jemaat Stop Gunakan Air Minum Kemasan

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Banyaknya sampah plastik yang dibuang sembarangan mendapatkan perhatian GMIM. Sekretaris Sinode GMIM Pdt Evert Tangel mengatakan, Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM mengimbau agar seluruh jemaat dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan gerejawi, tidak lagi memakai air mineral dalam kemasan plastik yang satu kali pakai.

“Jemaat juga perlu merubah kebiasaan yang selama ini dilakukan, dengan membiasakan memakai tambler untuk persiapan air minum," pintanya.

Menurut dia, GMIM sangat memberikan perhatian serius terhadap lingkungan hidup. "Karena memelihara alam ciptaan termasuk lingkungan hidup adalah bagian tugas yang harus dilakukan oleh gereja sebagaimana amanat Tuhan," katanya.

Dia juga mendukung program dari pemerintah Provinsi Sulut untuk memerangi sampah plastik. "Keseriusan GMIM dalam memelihara lingkungan hidup dengan memerangi sampah plastik tertuang dalam Keputusan Sidang Majelis Sinode Tahunan ke-31 di Wilayah Likupang November lalu. Dalam keputusan itu mengharuskan seluruh jemaat GMIM untuk mulai mengurangi pemanfaatan kemasan air isi ulang berbahan plastik," ungkapnya.

Senada diungkapkan Sekretaris Jenderal Sinode Am Gereja-gereja (SAG) Suluttenggo Pdt Zakaria Widodo. Menurut dia, 90 sinode anggota PGI juga sudah diimbau agar mendukung program tersebut pada pelatihan bagi pimpinan 13 Sinode di GMIM Bethesda Luaan. "Diimbau kita membudayakan penggunaan tumbler dalam setiap kegiatan gerejawi untuk memerangi sampah plastik," singkatnya. (tr-05/ite)

Kirim Komentar