27 Feb 2019 09:18

Comeback Gemilang, Indonesia Juara AFF Cup

MyPassion
MEMBANGGAKAN: Indonesia sukses menjadi yang terbaik di Piala AFF U-22. (Allex Qomarulla/Jawa Pos)

PNOM PENH—Timnas U-22 Indonesia sukses merengkuh gelar juara Piala AFF U-22 2019. Sempat tertinggal, mereka memukul balik Thailand dan mengakhiri laga dengan kemenangan 2-1 di National Stadium, Pnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2) malam.

Laporan langsung Jawa Pos (grup Manado Post), sejak awal laga, Timnas U-22 sudah mendapatkan peluang melalui Witan Sulaiman. Namun, umpannya gagal digapai Marinus Wanewar di depan gawang Thailand.

Menit 19, Muhammad Luthfi sukses mengadang peluang emas Thailand. Jaroensak mengeksekusi bola mati, dan menimbulkan kemelut di muka gawang. Tetapi Firza berhasil menghentikan peluang emas Thailand tepat di garis gawang.

Enam menit jelang turun minum, Witan kembali mendapat kesempatan emas. Sayang, tendangan dari luar kotak penaltinya bisa diamankan kiper Thailand, Korraphat Nareechan. Skor kacamata bertahan hingga turun minum. Usai jeda, diliran Gian Zola yang membuka peluang. Dia memberikan umpan matang kepada Witan. Sayang, Korraphat sukses memutus serangan Garuda Muda.

Sayang, Garuda Muda justru lebih dahulu tertinggal pada menit 57. Melalui skema tendangan bebas, Saringkan Promsupa sukses menanduk bola ke gawang Awan Setho.

Keunggulan Thailand cuma berusia satu menit. Menit 58, Sani Risky langsung membayar tuntas lewat sepakan kerasnya. Dia melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, bola membentur bek Thailand dan mengubah arah dan masuk ke dalam jala Korrapat.

Indonesia akhirnya berbalik unggul pada menit 64. Umpan silang Luthfi Kamal berhasil disundul Osvaldo Haay ke gawang Korraphat. Semenit jelang laga bubaran, Indonesia harus bermain dengan 10 pemain. Bagas Adi diusir wasit setelah melakukan tekel keras kepada pemain Thailand. Akan tetapi, hingga peluit panjang skor 2-1 tak berubah. Garuda Muda sukses merengkuh gelar juara Piala AFF U-22 2019.

Pelatih Timnas U-22 Indonesia, Indra Sjafri, tak bisa menutupi rasa kegembiraannya menjuarai Piala AFF U-22 2019. Menurut Indra, doa para pemain Indonesia didengar oleh Tuhan.

Skuad Garuda Muda sebenarnya sempat tertinggal lebih dahulu dari Thailand. Namun gol dari Sani Risky dan Osvaldo Haay sukses mengunci kemenangan 2-1 Timnas U-22. Ini menjadi gelar juara kedua bagi Indra Sjafri.

Sebelumnya, eks juru taktik Bali United itu sudah mempersembahkan gelar Piala AFF saat menangani Timnas U-19 Indonesia 2013 lalu. "Alhamdulillah. Hari ini hari yang baik bagi kita semua. Tuhan jawab doa kita semua," ungkap Indra kepada wartawan.

Indra sendiri tak mau anak asuhnya terlalu jemawa usai merengkuh gelar ini. Sebab, di depan justru lebih banyak tim berat yang akan dihadapi. "Ini berkat kerja keras. Semoga pada ajang selanjutnya kita diberikan kelancaran kembali," tutup dia.(gnr)

Kirim Komentar