25 Feb 2019 09:36

Desain Layanan BRI Jadi Customer Centric

MyPassion
KOMITMEN: Direktur Jaringan dan Layanan BRI Osbal Saragih (kedua kiri) bersama para pimpinan BRI lain, saat kegiatan BRI Service Excellence Competition 'Spirit of Millennials' di Hotel Four Points Manado, Sabtu (23/2). (Asyer Rokot/MP)

MANADO—Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Wilayah (Kanwil) Manado jadi tuan rumah BRI Service Excellence Competition ‘Spirit of Millenials’  di Four Points By Sheraton Manado, Sabtu (24/2).  Kegiatan tersebut melibatkan empat kanwil, yakni Banjarmasin, Makassar, Jayapura, dan Manado.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Osbal Saragi menuturkan, Manado dipilih karena daerah Sulut merupakan daerah menarik untuk wisata dan sentranya dekat dengan ketiga kanwil lainnya. "Itu yang membuat kita memilih Manado menjadi lokasi kegiatan ini," ungkapnya.

Dia melanjutkan BRI komit dan sangat serius meningkatkan kualitas layanan terhadap seluruh nasabah. "Jadi kami desain layanannya menjadi customer centric. Kenapa kita lakukan ini karena memang kita sudah bank besar, kinerja bisnisnya bagus maka harus diikuti dengan kinerja layanan," ungkapnya.

Menurutnya experience nasabah dalam hubungannya dengan BRI harus meningkat dari tahun ke tahun. "Inilah yang kita gelorakan dan kembangkan dan saya bertanggung jawab untuk memperbaiki kualitas layanan diseluruh pelosok tanah air, termasuk di zona 5 ini," ucapnya.

Menurutnya kegiatan ini dilakukan agar BRI dapat menghadirkan pengalaman baru terhadap nasabah dalam hubungannya dengan BRI. "Ini lebih kepada internal, bagaimana kita melakukan perubahan sikap dan budaya layanan untuk bisa memuaskan nasabah kita. BRI kan besar karena nasabah sehingga kami bertanggung jawab untuk itu," jelasnya.

Dia membeber kehadirannya di Sulut untuk memberi motivasi kepada seluruh karyawan BRI. "Dalam kegiatan ini juga kami lombakan pengetahuan mereka dalam pelayanan perbankan. Jadi ada juga presentasi dari pemimpin-pemimpin cabang bagaimana mereka meningkatkan layanan dan sebagainya," imbuhnya.

Dia menyebutkan sekira 20 kantor cabang ikut dalam lomba yang digelar BRI tersebut. "Tentu bersama dengan pemimpin cabangnya masing-masing. Dalam kegiatan ini dihadiri sekira 500 orang," ungkapnya. Dirinya berharap agar ke depan pelayanan BRI dapat dilakukan dengan cepat. "Sudah cepat harus makin cepat pula dalam mengeksekusi transaksi nasabah didalamnya juga dapat memberikan kemudahan," sebutnya.

Konsep smart menurutnya sudah disiapkan untuk mencapai hal tersebut. "Sigap kemudian mudah atau memberikan kemudahan. Harapannya frontliner kita apakah itu customer service, teller, dia bisa memberikan layanan dan kemudahan yang lebih kepada nasabah," ucapnya.

Selain itu dia melanjutkan dibutuhkan keakuratan juga dalam mengeksekusi permintaan customer. "Kemudian ramah dan terampil, harapannya semua pekerja kualitas layanannya kedepan sudah meningkat," pungkasnya.

Sementara Pemimpin Wilayah BRI Manado Agung Sulistijo mengatakan, dirinya senang kanwil Manado ditunjuk sebagai tuan rumah acara ini. "Dengan penunjukan ini semua pekerja kami dapat secara langsung mengetahui dan melaksanakan upaya -upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah dan menerapkannya dalam operasional layanan perbankan sehari-hari," ungkapnya.

Dia menambahkan sebagai tuan rumah Kanwil Manado dapat merasakan secara langsung semangat upaya peningkatan kualitas layanan yang digelorakan secara nasional. "Dengan demikian akan menjadi semakin lengkap upaya kami yaitu melampaui target kinerja sekaligus dibarengi dengan peningkatan kualitas layanan kepada nasabah," tutupnya.(tr-05/tan)

Kirim Komentar