23 Feb 2019 09:56

Harga Tiket Masih Selangit, Pariwisata Daerah Terancam

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Kenaikan tiket pesawat, bagasi berbayar hingga naiknya tarif kargo angkutan udara menjadi perbincangan hangat. Kondisi ini diklaim telah mematikan arus pariwisata beberapa daerah yang tengah bergairah.

 

Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Longki Djanggola mengatakan, Presiden Joko Widodo melalui Menteri Perhubungan telah menganjurkan airline untuk menurunkan tarif tiket pesawat.

Namun, hingga kini, harga tiket masih selangit. "Kenaikan tiket pesawat memukul pariwisata dan perekonomian masyarakat. Tiket dalam negeri sungguh mahal. Ini mesti menjadi perhatian khusus," kata Longki.

Sebelumnya, Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Sulut Merry Karouwan menyebut, meroketnya harga tiket domestik sangat mengancam turunnya angka wisatawan nusantara ke Sulut.

"Harga tiket domestik yang tak kunjung turun bisa menurunkan jumlah wisatawan nusantara yang akan datang ke Sulut. Turis akan memilih ke tempat lain bahkan ke luar negeri,” ujarnya.

Ketua YLKI Sulut Aldy Lumingkewas menambahkan, pihaknya berharap tarif batas atas yang ditetapkan pemerintah juga harus ditindaklanjuti.

"Karena hal ini bisa diintervensi dari situ, aktivitas ekonomi masyarakat didalamnya jual beli online yang biasanya menggunakan jasa ini tentu biaya cost pengirimannya akan bertambah juga," tambahnya.

12
Kirim Komentar