21 Feb 2019 14:12

Batubulan Terjamah Listrik

MyPassion
Bob Wuaten

MANADOPOSTONLINE.COM—Suplai listrik yang terputus di Desa Batubulan, Kecamatan Siau Barat Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, akibat dampak erupsi gunung Karangetang, sudah teratasi.

Rabu (20/2), pemerintah daerah dibantu seluruh stakeholder terkait serta pihak PLN, membawa mesin pembangkit listrik berkekuatan 25 KVA. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di sana. Plt Kepala BPBD Ch Bob Wuaten ketika diwawancarai, turut membenarkan hal tersebut.

"Mesin pembangkit dari PLN, sedikit mengurangi biaya pengeluaran dalam tanggap darurat. Sebab kita sudah tidak lagi menyuplai BBM untuk generator. Nantinya alokasi anggaran BBM ini dapat disalurkan bagi kebutuhan lain," singkatnya.

Sementara itu Manager UP3 Tahuna Hiro Pardede menjelaskan, meski tidak beroperasi secara penuh, mesin pembangkit ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terisolasi di Kampung Batubulan. Sebab sudah dua minggu mereka tidak terjamah listrik. "Mesin ini ditargetkan beroperasi sementara. Sampai akses terbuka untuk penyambungan jalur listrik," tuturnya.

Nantinya mesin pembangkit darurat ini beroperasi 12 jam setiap hari. Dari pukul 18.00 hingga 06.00. “Ini lumayan, dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat sementara. Sebelum adanya penyambungan jaringan listrik permanen," kuncinya.(drp/gel)

Kirim Komentar