21 Feb 2019 14:10

Akibat TKD Belum Cair, ASN Sitaro `Kancing Perut`

MyPassion
Samuel Raule

MANADOPOSTONLINE.COM—Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Kepulauan Sitaro gigit jari. Pasalnya sudah dua bulan tunjangan belum terbayarkan. Hal ini membuat mayoritas ASN harus ‘kancing perut’. Kepala Badan Keuangan Samuel Raule menjelaskan, keterlambatan tersebut dikarenakan adanya perubahan nomenklatur serta mekanisme pembayaran pada tunjangan pegawai. "Dari sebelumnya Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP), kini berubah menjadi Tunjangan Kinerja Daerah (TKD)," tuturnya.

Jadi hingga saat ini, lanjutnya, masih menunggu peraturan bupati (Perbup) sebagai dasar pembayaran. “Namun Perbup masih sementara digenjot, karena ada beberapa koreksi untuk pasal-pasalnya. Tapi jika memang telah selesai, maka secepatnya akan kita cairkan TKD ini," kuncinya.

Sementara itu Bupati Sitaro Evangelian Sasingen menjelaskan pasca perubahan nomenklatur dari TPP menjadi TKD, cara pembayarannya juga diubah. "Kalau dulunya TPP hanya berdasarkan kehadiran. Saat ini seluruh ASN harus memasukkan laporan kinerja selama sebulan. Nantinya akan jadi bahan perhitungan pembayaran TKD," ucapnya.

"Jadi nantinya jika pegawai kinerjanya tidak maksimal, dibayarkan sesuai perhitungan. Sedangkan yang bekerja maksimal, tentu dibayarkan 100%. Ini hal baik. Dalam memacu kinerja dari ASN. Agar tidak ada lagi istilah asal ngantor dan terima gaji buta," kuncinya.(drp/gel)

Kirim Komentar