20 Feb 2019 15:19

KPU Minahasa Terima 798 Koli Surat Suara

MyPassion
Logistik yang dijemput dari Pelabuhan Bitung saat akan diturunkan di kantor KPU Minahasa, Senin (18/2) malam.(Lerby/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa telah menerima surat suara Pemilu 2019, Senin (18/2) sekira pukul 20.30. Logistik tersebut dijemput langsung oleh Ketua KPU Minahasa Lord Malonda bersama tim di Pelabuhan Bitung. Penjemputan itu pun dikawal ketat oleh tujuh personel dari Polres Minahasa. "Total logistik surat suara yang telah diterima berjumlah 798 koli. Tiap koli itu berisi 1.000 lembar surat suara," kata Malonda, Selasa (19/2).

Lanjutnya, dari surat suara yang diterima kemarin, pihaknya belum menerima surat suara untuk pemilu presiden dan wakil presiden serta DPD RI. Akan tetapi kata dia, KPU Minahasa telah berkoordinasi dengan pihak perusahan yang melakukan percetakan yaitu PT ADI PERKASA MAKASAR. "Jadi, logistik surat suara untuk pemilu presiden dan wakil presiden serta DPD RI akan dikirim oleh pihak perusahaan pada 23 Februari nanti," ungkapnya.

Dikatakannya lagi, surat suara telah disimpan di Kantor KPU Minahasa, dan dijaga 1x24 oleh pihak kepolisian. "Sekarang baru diperiksa berapa banyak koli, namun kita akan sortir surat suara satu persatu," ungkap Malonda.

Dia menambahkan, penyaluran surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya dilakukan sehari sebelum pelaksanan Pemilu. "Sesuai aturan PKPU, penyalurannya satu hari sebelum Pemilu," tambahnya.

Terpantau, kemarin juga KPU Minahasa melakukan pencermatan Daftar Calon Tetap (DCT). Pencermatan ini diikuti beberapa pimpinan partai politik, liaison officer (LO) dan disaksikan Bawaslu Kabupaten Minahasa.

Menurut Ketua Divisi Teknis KPU Minahasa Kristoforus Ngantung SFils, pencermatan ini wajib dilakukan sebelum dipasang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Semua pimpinan Parpol dan LO serta Bawaslu sengaja diundang untuk mencermati atau menelisik lebih jauh tentang kecocokan antara foto calon legislatif DPRD Kabupaten Minahasa," kata Ngantung saat melakukan pencermatan di Kantor KPU Minahasa.(tr-03/tan)

Kirim Komentar