20 Feb 2019 21:10

Akademisi Unima: Dosen Yang Berkualitas Kalau Tidak Profesional Sama Saja

MyPassion
Dr Goinpeace Tumbel (Dok.Manado Post Online)

MANADOPOSTONLINE.COM - Dosen Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado Dr Goinpeace Tumbel angkat bicara mengenai masalah pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurutnya, masalah pendidikan menjadi masalah utama di setiap daerah. Termasuk Sulut. 

"Ketika pendidikan tersebut ingin secepatnya diraih, tentu harus ada peningkatan dengan pengembangan SDM. Seperti segi lembaga pendidikan baik di tingkat SD, SMP, SMK/SMA sampai Perguruan Tinggi (PT)," kata Tumbel.

Ia menjelaskan lagi, sistem pendidikan harus bersinergi. Artinya, semua dalam rangka pengembangan aspek mulai dari kognitif, psikomotorik, maupun motorik. "Jadi harus bermuara ke semua karena sistem pendidikan ini berkelanjutan," jelasnya.

Salah satu fakta, kebanyakan mahasiswa masih cenderung mengulang kembali apa yang seharusnya tidak lagi dipelajari di Universitas manapun.

Yang seharusnya PT tinggal pengembangan keilmuan dan di sekolah menghafal, Tumbel menyebut hal berbalik yang terjadi.

"Di PT seharusnya sudah mengembangkan analisis," paparnya

Selain itu masih banyaknya mahasiswa yang bersifat pragmatis atau cari gampang menjadi suatu pertanyaan.

"Nah, bagaimana ketika guru atau dosen tersebut bersifat pragmatis sesuai keinginanan mahasiswa itu maka tentu terjadi masalah," katanya lagi.

Untuk itu, kualitas seorang guru dan dosen belum bisa menjamin ketika profesionalisme tidak dimilikinya. Sekalipun guru dan dosen tersebut mempunyai keterampilan atau pengetahuan luar biasa tetapi tidak profesional maka tidak akan maksimal.

Tumbel menghimbau, guru maupun dosen harus bersinergi sesuai yang tertuang dalam kurikulum.

"Agar nanti kualiatas output-nya berjalan baik," tandasnya. (opn)

Kirim Komentar