16 Feb 2019 09:46

Umat Lawan Hoax

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Menjelang pemilihan umum, hoax banyak disebar lewat media sosial (medsos). Menurut Ketua Persekutuan Gereja-gereja Indonesia Pdt Henriette Hutabarat-Lebang, hoax dapat memecah belah kehidupan bermasyarakat.

 

Dia meminta, umat bersama-sama melawan hoax. Agar nilai keadilan dan kejujuran itu dinampakkan dalam masyarakat. “Ini juga bentuk iman, dalam setiap agama diajarkan mengenai persaudaraan dan perdamaian," katanya.

Dia mengatakan, sebagai gereja harus menumbuh kembangkan teknologi dengan baik. “Pengawasan kita bersama menjadi sangat penting dalam pengendalian berita bohong dan partisipasi dalam berdemokrasi,” ujarnya.

Menurut dia, isu-isu hoax harus diberantas dan dihilangkan apalagi pembuat dan penyebar berita bohong itu. “Umat Kristiani perlu aktif berperan apalagi kebenaran Allah menjawab dan menggemakan dalam hati kita,” katanya.

Dia juga meminta, umat jangan terbius dengan berita bohong yang menyesatkan dan jangan terprovokatif. “Kebenaran sangat penting ditumbuh kembangkan dalam jemaat. Itu diwartakan, lewat sikap, lewat tindakan, lewat kata-kata. Karena masyarakat kita banyak dikuasai oleh berita-berita palsu," pungkasnya. (ite)

Kirim Komentar