15 Feb 2019 12:39

Kapolda Cek Kesiapan Personel Polres Minahasa

MyPassion
Satu per satu personel Polres Minahasa ditanyai kesiapan menghadapi pemilu oleh Kapolda Sulut Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto, Kamis (14/2).(Lerby/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Kapolda Sulut Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto MSi, Kamis (14/2) mengunjungi Polres Minahasa untuk mengecek kesiapan pengamanan Pemilu 2019. Setibanya di Mapolres, Kapolda langsung memeriksa administrasi serta kesiapan para personel. Satu per satu personel yang dilibatkan dalam pengamanan, ditanya oleh Kapolda mengenai tugas, hak serta kewajiban dalam pengamanan Pemilu. “Saya sengaja ke sini (Polres Minahasa, red) untuk mengecek kesiapan dan pengetahuan personel dalam pengamanan nanti,” ujar Kapolda saat apel di halaman Mapolres.

Orang nomor satu di jajaran Polda Sulut ini mengingatkan kepada Kapolres Minahasa, agar memastikan anggota yang akan melaksanakan pengamanan harus tahu berapa TPS yang akan diamankan. “Personel juga harus mengenali petugas Linmas dan PPS di TPS yang akan dijaga," pintanya.

Selain itu, Kapolda juga menegaskan agar para personel benar-benar memahami pola pengamanan yang akan diterapkan. Pola yang dimaksud, diantaranya TPS klasifikasi kurang rawan dengan pola pengamanan 2-8-16 yaitu 2 polisi menjaga 8 TPS dibantu 16 linmas. Klasifikasi TPS rawan, polanya 2-2-4 atau 2 polisi menjaga 2 TPS dibantu 4 linmas. Sedangkan TPS sangat rawan, menggunakan pola 2-1-2 dengan 2 polisi menjaga 1 TPS dibantu 2 linmas. “Setiap mengamankan harus ada rekan yang diajak berdiskusi,” saran Kapolda.

Di tempat yang sama Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK mengatakan telah menyiapakan 309 personelnya untuk mengamankan TPS pada Pemilu 17 April nanti. Sesuai petunjuk Kapolda, dirinya dipercaya untuk menentukan klasifikasi kurang rawan, rawan, dan sangat rawan. "Pak Kapolda mempercayakan sepenuhnya kepada Polres Minahasa. Karena yang lebih mengetahui wilayah mana yang dinyatakan rawan dan tidak rawan atau karakteristik daerah itu sendiri," sebutnya.

Di Minahasa kata dia, pihaknya akan melihat wilayah yang rawan sesuai data serta story enam bulan kebelakang. "Untuk Minahasa ada sembilan wilayah yang masuk sangat rawan. Kita lihat dari sisi geografy, history, dan gangguan kamtibmas enam bulan terakhir," ucap Situmorang.

Berdasar data yang diperoleh , jumlah pemilih sebanyak 258.305 dikategorikan 130.479 pria dan 127.826 wanita. Jumlah TPS di Kabupaten Minahasa sebanyak 1.029, sedangkan TPS di wilayah hukum Polres Minahasa 686 dan jumlah caleg 343 orang.(tr-03/tan)

Kirim Komentar