13 Feb 2019 13:29

Dinas Damkar Minahasa Siapkan 2,8 M untuk Penambahan Mobil Pemadam

MyPassion
Ilustrasi mobil damkar.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Tahun ini armada untuk penanganan kebakaran di Minahasa akan bertambah. Dikatakan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Alex Mamesah SSTP, anggaran sebesar Rp 2,8 miliar dari APBD 2019 disiapkan untuk pengadaan dua unit kendaraan pemadam.

"Minahasa kan cukup luas, sehingga butuh tambahan armada damkar yang bisa siaga khususnya di wilayah-wilayah yang lokasinya jauh dari pusat kota Tondano. Tentu ini akan lebih memudahkan petugas damkar untuk menjangkau dengan cepat lokasi yang jauh apabila terjadi kebakaran," sebutnya Selasa (12/2).

Dijelaskan, anggaran sebesar Rp 2,8 miliar itu untuk pengadaan dua armada damkar yang masing-masing bisa menampung air berkapasitas 4.000 liter. Jadi menurut Mamesah pihaknya akan membentuk pos damkar di dua wilayah dimana dua kendaraan ini akan disiagakan.

"Tapi untuk wilayahnya belum ditentukan, yang pasti lokasinya harus strategis sehingga bisa cepat menjangkau wilayah-wilayah pelosok. Jadi intinya untuk pos damkar kita akan lihat lokasi yang paling tepat sesuai kebutuhan," katanya.

Lebih lanjut, memang diakuinya, saat ini Dinas Damkar Minahasa hanya memiliki lima unit armada untuk dioperasikan di seluruh wilayah Minahasa.

"Itu pun ada tiga unit yang tergolong kendaraan tua dan sering dimodifikasi supaya bisa beroperasional. Kalau dua unit masih baru, itu masuk pengadaan tahun 2016 lalu," sebutnya sembari berharap, penambahan dua armada damkar tahun ini akan lebih memudahkan pihaknya dalam mengatasi bencana kebakaran di semua pelosok wilayah Minahasa.(tr-03/tan)

Kirim Komentar