12 Feb 2019 08:22

WP Badan Wajib Lapor SPT Lewat e-Filing

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) kini mewajibkan seluruh Wajib Pajak (WP) badan yang tercatat di Kantor Pelayanan Pajak Large Tax Office (KPP LTO), KPP Madya, dan KPP Khusus untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) melalui e-Filing.

 

Hal itu tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-02/PJ/2019 tentang Tata Cara Penyampaian, Penerimaan, dan Pengolahan Surat Pemberitahuan. 

Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Suluttenggomalut FN Rumondor mengatakan, ini akan memberikan kemudahan dalam pelaporan SPT. "Sudahlah kalau perusahaan kecil, tapi kalau perusahaan besarkan dokumennya banyak, ini tentu memudahkan," ungkapnya.

Aturan ini dia melanjutkan sudah harus diikuti oleh semua perusahaan wajib pajak berbadan hukum. "Tapi saya rasa mereka tentu senang, karena sebelum diterbitkan sudah banyak memang yang mengusulkan," ujarnya.

Dia menambahkan untuk wajib pajak pribadi memang secara khusus belum diatur untuk melakukan pelaporan SPT lewat e-Filing. "Tapi kalau mau juga bisa, pelan-pelan semuanya mengarah kesana," katanya.

e-Filing menurutnya merupakan penyempurnaan dari E-SPT yang  sebelumnya seluruh WP Badan yang tercatat di KPP LTO, KPP Madya, dan KPP khusus masih diperbolehkan melaporkan SPT melalui e-SPT.

12
Kirim Komentar