12 Feb 2019 10:56

Pekan Ini APK Liar di Boltim Ditertibkan

MyPassion
Ilustrasi penertiban APK.(dok Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Alat Peraga Kampanye (APK) liar di Kabupaten Boltim menjadi perhatian Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Boltim.

Kadiv Hukum Penindakan Pelanggaran, Bawaslu Boltim Harianto memastikan, akan turun melakukan penertiban APK. “Pekan ini kami akan turun menertibkan semua APK yang dipasang tidak sesuai titik yang direkomendasikan KPU,” tegasnya. Dia menambahkan, APK yang akan ditertibkan sudah melalui beberapa peringatan pada masing-masing Parpol dan juga caleg.  

Sementara itu, penertiban APK tersebut dinilai lambat oleh bacaleg. Salah satu Bacaleg Hanura Chandra Modeong menyoroti sampai saat ini pemasangan APK masih belum jelas. Bahkan ada yang melanggar. "Tapi belum ada penindakan. Jika sudah ada penindakan pemasangan APK pasti akan lebih tertib dan semua Parpol akan mendapatkan hak yang sama," katanya. 

Dia mempertanyakan titik APK yang sudah dikeluarkan KPU. "Itu dalam SK KPU banyak titik APK yang kurang maksimal, bahkan masih berubah-ubah, jadi membingungkan caleg," keluhnya.

Menanggapi hal ini, Kadiv Parmas dan Sosialisasii  KPU Boltim Terry South menjelaskan,  pekan lalu pihaknya sudah mengeluarkan SK revisi ke dua dan sudah diedarkan pada semua Parpol. Dia pun mengakui, beberapa hambatan yang dihadapi terkait penentuan titik APK.  Diantaranya persoalan lahan. "Ada lahan yang awalnya sudah diizinkan oleh pemiliknya, tiba-tiba dicabut lagi. Akhirnya KPU harus mencari lahan yang baru lagi.  Sehingga SK yang keluar belum bersifat final dan masih bisa berubah," jelasnya.

Dia pun menekankan, pada SK revisi yang ke dua ada beberapa titik prioritas yang dimasukkan. Artinya lahan-lahan yang besar dan lebih strategi harus diprioritaskan oleh para Parpol untuk memasang baliho ataupun spanduk masing-masing bacaleg. "Ada titik prioritas. Hampir disemua kecamatan ada. Intinya kami sudah mengimbau kepada semua caleg dan Parpol untuk memasang APK pada titik-titik yang telah ditentukan," tukasnya. (tr-01/ite)

Kirim Komentar