12 Feb 2019 11:34
Perhatikan Kondisi Laut

Gelombang 4 Meter Ancam Perairan di Sangihe

MyPassion
Ombak setinggi 4 meter menembus dinding penahan gelombang di Boulevard Tidore, pertengahan Desember 2018.(Sriwani/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pengguna transportasi laut di Kabupaten Kepulauan Sangihe diminta berhati-hati. Ada peringatan dini gelombang yang dikeluarkan Badan Meteorologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung.

Diprediksi, 12-13 Februari bakal ada gelombang di perairan Sangihe dengan tinggi 2,5 hingga 4,0 meter. Demikian diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe Ir Revolius Pudihang. “Kami mengimbau masyarakat yang tinggal di pesisir pantai untuk waspada cuaca ekstrem dan tinggi gelombang,” ungkapnya.

Warning juga diberikan bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan. “Kiranya tetap memperhatikan kondisi laut. Dan jika gelombang tinggi sebaiknya menunda kegiatan melaut (cari ikan),” imbaunya.

Permintaan tersebut diminta tak dihiraukan. Pasalnya, ada beberapa kasus orang hilang terbawa arus laut akibat tetap memilih melaut, ketika gelombang air dan cuaca tidak lagi bersahabat. “Tetap harus ingat ada keluarga dan saudara kita yang menunggu di rumah. Kiranya kasus orang hilang karena terbawa arus air tidak akan terjadi lagi di wilayah kita,” pungkas Pudihang.(wan/gnr)

Kirim Komentar