11 Feb 2019 08:21
Berkeliling Temple of Heaven di Beijing

Tempat Raja Meminta Panen Raya

MyPassion
Tempat raja berdoa memohon panen. Bangunan berbentuk pagoda lingkaran ini, tampak tiga tingkat dari luar namun hanya satu lantai didalamnya.

Kuil ini diperbesar dan berganti nama Temple of Heaven pada masa pemerintahan Kaisar Jiajing pada abad keenam belas. Temple of Heaven yang direnovasi pada abad kedelapan belas di bawah Kaisar Qianlong, menjadi Situs Warisan Dunia oleh Unesco pada tahun 1998.

Pemandangan di Temple of Heaven sangat menarik. Banyak spot foto yang memukau, terutama di sekitar pelataran dan tangga menuju kuil utama yaitu kuil langit. Memang ada tiga bangunan inti di lokasi Temple of Heaven ini. Selain kuil langit tempat memuja panen, ada juga kuil tempat raja memuja dewa, dan sebuah tempat terbuka yang diyakini jadi tempat paling mujarab bagi raja untuk berkomunikasi dengan dewa.

Kuil langit ini tempat raja berdoa memohon panen. Bangunan berbentuk pagoda berbentuk lingkaran dengan tiga tingkat dari luar namun hanya satu lantai di dalamnya. Di antara kuil langit dan jalan menuju kuil tempat memuja dewa terdapat pohon-pohon berusia ratusan tahun, pohon itu bernama nine dragon.

Sementara kuil puasa, berbentuk mirip dengan pagoda pertama namun lebih kecil. Bangunan ini dikelilingi tembok dan diapit oleh dua 'kantor dewa'. Di sinilah kaisar dan berpuasa selama tiga hari sebelum dilakukan upacara memuja dewa memohon panen raya.

Keluar dari kuil puasa, akan bertemu dengan altar tempat komunikasi raja dengan dewa yang terdiri dari tiga tingkatan. Dasar persegi yang mewakili bumi, altar bulat mewakili surga dan berujung pada bulatan di ujungnya tempat berdiri kaisar. Anak tangga dan batu pualan yang lurus ke titik puncak semuanya berjumlah sembilan. Menurut mitos, jika berdiri di tengah dan berbicara keras konon akan terdengar suara yang keras sebagai tanda bahwa doa sudah didengar para dewa.

Puas mengelilingi Temple of Heaven, saya dan rombongan kemudian menuju Central Mall Beijing, untuk membeli ole-ole khas. Setelah itu makan malam dan check in hotel untuk istirahat.(***)

12
Kirim Komentar