11 Feb 2019 08:21
Berkeliling Temple of Heaven di Beijing

Tempat Raja Meminta Panen Raya

MyPassion
Tempat raja berdoa memohon panen. Bangunan berbentuk pagoda lingkaran ini, tampak tiga tingkat dari luar namun hanya satu lantai didalamnya.

Temple of Heaven adalah salah satu destinasi paling terkenal di Beijing. Di bali kemegahannya, ada cerita menarik dan sejarah yang menarik di sana. Koran ini kemarin (10/2) berkesempatan berkeliling kuil tempat Kaisar Ming dan Qing menggelar ritual penghormatan kepada dewa agar memberikan hasil panen yang baik ini.

 

Laporan, Bonit Anggi

TEPAT pukul 08.00, kereta api super cepat (High Speed Train) membawa saya menuju Beijing dari Shanghai. Kereta api super cepat jalur Shanghai-Beijing adalah bagian dari Jinghu HSR yang mulai beroperasi sejak Juni 2011. Jarak Shanghai Railway Station menuju Beijing Railway Station sekira 1.318 km.

Jarak itu akan ditempuh dalam kurun waktu kurang lebih  selama 5 jam perjalanan. Jarak sama rute Shanghai-Beijing  namun dengan noda transportasi kereta api jenis lainnya  akan menempuh waktu kurang lebih 8-10 jam dan bahkan lebih dari 12 jam perjalanan.

Di dalam gerbong-gerbong kereta api ini, jasa layanan makan-minum terlayani dengan sangat-sangat sempurna. Gadis-gadis Tiongkok siap menyapa para penumpangnya kalau-kalau ada yang ingin pesan makan-minum.

Kalau mau air panas, silakan jalan sebenar ke ruang persinggungan antar gerbong. Di situ ada kran berisi air panas. Banyak penumpang memanfaatkan jasa penyediaan air panas ini untuk menyeduh sendiri teh, kopi dan mie instant.

Setelah kurang lebih 5 jam, kami tiba pukul 13.00 di Beijing. Disambut suhu -2o. Sehabis makan siang, sya kemudian menuju Temple of Heaven. Kuil ini luas sekali dan banyak taman. Dibangun pada kisaran tahun 1406-1420 selama pemerintahan Kaisar Yongle.

12
Kirim Komentar