11 Feb 2019 09:10
Pemprov Sudah Siapkan Anggaran

Regulasi Kenaikan Gaji PNS Tak Jelas

MyPassion
Ilustrasi

Anggaran kenaikan gaji juga, menurut Kawatu, telah disiapkan Pemprov Sulut melalui Dana Alokasi Umum (DAU). Karena itu, dirinya memastikan penerapan kenaikan gaji sudah pasti dilakukan. DAU tersebut juga ungkapnya, telah disusun dan disesuaikan pemerintah pusat untuk kebutuhan pembayaran gaji PNS.

"Kalau gaji naik, otomatis DAU juga ikut naik. Dan yang mengatur itu adalah pemerintah pusat. Kita hanya kirimkan jumlah PNS. Dan pusat yang mengatur. Namun yang pasti, kita sudah siapkan anggaran untuk kenaikan gaji. Jadi sangat bisa berpeluang kenaikan gaji sudah dimulai dari Januari ini. Sekarang kita tinggal menunggu juknis yang akan menjadi acuan kita dalam pembayaran gaji nantinya," tuturnya.

Sementara itu, pemerhati pemerintahan Jhony Lengkong mengingatkan agar kenaikan gaji tersebut harus diiringi kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Jangan sampai anggaran yang besar digelontorkan, tidak berdampak positif bagi jalannya pemerintahan daerah.

"Gaji memang sudah wajar naik. Apalagi tuntutan perekonomian besar. Namun karena asal gaji mereka dari APBN yang notabenenya adalah uang rakyat, maka harus diimbangi dengan kinerja yang maksimal. Pelayanan harus baik tentunya agar ada sinkronisasi dengan asas utama APBN, yaitu manfaat," terangnya.

Lengkong juga mengatakan, dengan naiknya gaji harus ada ukuran kinerja yang mampu dipertanggungjawabkan kepada rakyat. “Apalagi semua PNS mendapatkan tunjangan, dengan asal muasal anggaran yang sama yakni uang rakyat. Jangan sampai anggaran membengkak namun pelayanan tetap stagnan,” kuncinya. (tr-02/can)

12
Kirim Komentar