11 Feb 2019 09:10
Pemprov Sudah Siapkan Anggaran

Regulasi Kenaikan Gaji PNS Tak Jelas

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Wacana kenaikan gaji bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), sampai sekarang belum jelas. Pasalnya petunjuk teknis (juknis) terkait kenaikan gaji tersebut tak kunjung turun hingga kemarin. Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) Gammy Kawatu membenarkan hal tersebut.

 

"Iya sampai sekarang belum ada juknis atau peraturan pemerintah (PP) terkait pelaksanaan kenaikan gaji, yang sampai ke kita. Ya, masih menunggu sampai sekarang. Yang pasti, anggaran untuk kenaikan gaji itu telah disediakan. Namun harus ada juknis atau PP yang mengatur mekanisme pemberian kenaikan gaji ini," tuturnya, kemarin.

Kawatu mengatakan, sampai sekarang pemberian gaji PNS masih menggunakan mekanisme lama. Dan jika dalam PP atau juknis yang turun mengatur bahwa kenaikan gaji, terhitung sejak Januari, maka pemberian di saat penerapan gaji akan diakumulasikan bersama beberapa bulan yang telah lewat.

"Jadi kalau dalam instruksi bahwa kenaikan gaji terhitung sejak Januari, maka pembayaran gaji pada Februari nanti akan menyesuaikan dengan gaji Januari. Misalnya, kenaikan gaji Rp 300 ribu, maka akan ditambahkan pada saat penerapan. Kita belum bisa pastikan, kapan juknis atau PP akan sampai ke kita. Yang pasti itu sudah berproses di pusat," ujarnya.

12
Kirim Komentar