11 Feb 2019 09:05

Lama Nginap Tamu Asing Meningkat

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Menurut klasifikasi bintang, tingkat penghunian kamar TPK hotel bintang 5 pada bulan November mencapai 84,66 persen dan merupakan TPK tertinggi. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Ateng Hartono.

 

"Sedangkan lama menginap tamu asing pada hotel berbintang  bulan November mencapai 3,62 hari. kondisi ini menunjukan peningkatan dari bulan sebelumnya yang hanya 3,57 hari," ujarnya.

Dia melanjutkan tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang pada November turun 0,91 poin dibandingkan Oktober. "November kami mencatat TPK sebesar 66,12 persen saja sedangkan oktober 67,03, secara year on year (YOY) memang meningkat 3,6 poin dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya," tukasnya.

Sementara ekonom Sulut David Saerang mengatakan, kondisi lama menginap tamu asing di Sulut sangat dipengaruhi kondisi kesiapan pemerintah dan masyarakat dalam menyambut para turis yang ada. "Bergantung juga terhadap infrastruktur dan sarana wisata di daerah, kalau tidak bagus maka tentu bukan hanya tingkat hunian, tingkat kunjungan juga berpengaruh," jelasnya.

Dia menambahkan saat ini perlu diteliti lagi apakah lama menginap tamu asing masih sama atau hanya saat itu saja. "Jangan-jangan temporary saja," imbuhnya.

Menurutnya hingga saat ini kunjungan hotel masih lebih banyak didominasi oleh pemerintah, BUMN atau organisasi lainnya. "Masih didorong dengan masyarakat local. Daya tarik Sulut sebagai tujuan wisata perlu terus ditingkatkan agar wisatawan internasional banyak dating. Tentu hal ini akan berpengaruh positif terhadap perekonomian kita," pungkasnya. (tr-05/tan)

Kirim Komentar