11 Feb 2019 09:21

Kebersihan Bagian Dari Iman, Jangan Buang Sampah Sembarangan

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Masalah sampah yang dibuang sembarangan oleh umat menjadi perhatian tokoh agama (toga). Karena itu toga meminta umat jangan membuang sampah sembarangan.

 

Ketua NU Sulut Sya'ban Mauluddin mengatakan, sebagai tokoh agama, mungkin bisa membantu menyampaikan dan menyadarkan kepada umat kita lewat khotbah dan ceramah.

“Tapi harus juga ada kesadaran dari masyarakat. Karena satu pembelajaran yang baru-baru ini terjadi banjir di Manado. Itu semua akibat dari kita yang tak bisa menjaga lingkungan,” ujarnya.

“Untuk itu masyarakat dan pemerintah saya sarankan, mari kita menjaga lingkungan kita dan jangan buang sampah seenaknya saja," pintanya.

Senada diungkapkan Ketua Jemaat GMIM Kalvari Pineleng Pdt Ganny Sondakh. Dia mengatakan, masalah lingkungan memang sangat sensitif apabila tak diperhatikan. “Selain bisa mengakibatkan banjir karena sampah yang menumpuk, mendatangkan wabah penyakit,” katanya.

Menurut dia, kesadaran untuk tidak membuang sampah harus dari diri sendiri. Sebagai orangtua seharusnya kita lebih tau dampak yang akan terjadi apabila sering buang sampah sembarangan. “Lebih baik kita mengajarkan kepada anak untuk tau menjaga kebersihan sejak dini. Karena kebersihan itu bagian dari iman,” pungkasnya. (gio/ite)

Kirim Komentar