09 Feb 2019 07:56

Sektor Energi Dominasi Investasi Sulut

MyPassion
Henry Kaitjily

MANADO—Sektor energi baik listrik maupun pertambangan menjadi penyumbang investasi terbesar di Sulawesi Utara (Sulut). Selain itu, disusul sektor transportasi dengan masuknya Jasa Marga sebagai pengelola Jalan Tol Manado-Bitung. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulut Henry Kaitjily, Jumat (8/1).

"Jadi yang mendominasi investasi di daerah itu adalah sektor energi dan pertambangan. Diikuti sektor transportasi, pembangunan jalan seperti Jasamarga. Selanjutnya ada telekomunikasi. Untuk sektor energi sekarang PLN membangun gardu-gardu baru dari Minahasa Selatan sampai Bitung. Kemudian ada perhotelan dan galian C, dalam hal ini yang dimaksud adalah non logam," tuturnya.

Dia mengatakan, investor yang mendominasi tersebut adalah dari dalam negeri. Investasi yang meningkat drastic, menurut Kaitjily, dikarenakan adanya peningkatan dari sisi perizinan.

"Tahun 2018 ada 1.530 berhasil mendapat izin. Terjadi peningkatan dari tahun 2017 yang berjumlah 1.467 perizinan. Itu melewati target Sulut dan pemerintah pusat. Jadi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pusat menargetkan di 2018 investasi di Sulut Rp 6,7 triliun. Sementara target RPJMD hanya Rp 2,5 triliun. Dan yang berhasil direalisasikan tahun 2018 sebanyak Rp 14 triliun," ungkapnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar