08 Feb 2019 13:49
Baru Fondasi, Bahan Tak Disalurkan

Warga Boltim Kecewa Pembangunan RTLH Tak Selesai

MyPassion
Ayurahmi Rais/MP TUNGGU KEPASTIAN: Salah satu warga Bukaka masih menunggu penyelesaian bantuan RTLH. Foto diambil Kamis (7/2) kemarin.

MANADOPOSTONLINE.COM—Pembangunan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Boltim dikeluhkan warga. Karena tidak selesai. Warga Bukaka Mahmud Paputungan mengaku menyesal diberikan bantuan RTLH. Karena hingga sekarang pembangunannya tak kunjung selesai bahkan dihentikan.

Terpantau, kemarin, kondisi bangunan RTLH baru fondasi, tidak ada dinding dan atap. "Ini baru fondasi. Sedangkan bahan lainnya belum disalurkan seperti semen, kayu serta tripleks. Jadi pembangunannya belum dilanjutkan karena belum ada bahan. Padahal sudah dianggarkan dari 2018," kata Paputungan.

Dia pun berharap, dengan adanya bantuan RTLH seharusnya bisa membantu. Bukan menyulitkan masyarakat. "Kalau begini saya menyesal dapat bantuan RTLH," keluhnya.

Dia juga menyesalkan penyaluran material yang lambat. Menurutnya, material awal yang disalurkan seperti pasir, sirtu sudah terbawa air, sedangkan batu bata rusak. "Kerusakan itu karena penyaluran bahan lainnya sangat lambat. Padahal anggarannya sudah ada. Hingga tahun ini masih belum selesai," katanya.

Terpisah, Kepala Dusun Satu, Desa Bukaka, Kecamatan Kotabunan Sugianto Mamonto mengatakan, jumlah bantuan RTLH yang diusulkan ke Dinsos ada 16 kepala keluarga khusus dusun satu. "Baru selesai sekitar empat rumah, sisanya baru fondasi dan penyusun bata," katanya. 

Dia pun membenarkan pengeluhan warganya. Menurut dia, memang warga penerima bantuan telah datang mengeluh, karena  keterlambatan bahan bangunan hingga sekarang. "Saya sudah melapor mengenai masalah keterlambatan, agar diteruskan ke dinas terkait," katanya.

Sementara itu, Kadis Dinsos Boltim Rudy Malah memastikan akan turun langsung ke Bukaka untuk mengecek bangunan RTLH tersebut.  Menurutnya, bantuan untuk RTLH tersebut sudah disalurkan. "Nanti akan kami cek lagi," singkatnya.(tr-01/ite)

Berikut Daftar Jumlah Bantuan RTLH di Boltim :

-2017

Target: 180 unit

Selesai: 158 unit

Sisa: 22 unit

-2018

Target: 750 unit

Selesai: 712 unit

Sisa: 38 unit

-2019

Target: 750 (sementara dikerjakan)

Total: 750 unit

Sumber: Dinsos Boltim, 2019.

Kirim Komentar