08 Feb 2019 08:47
Sehari Jelajah Huzhou dan Suzhou

`Totofore` di Jembatan Kaca, Nyaris Hilang di Lotus Garden

MyPassion
Longshan Glass Bridge di Kota Huzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok.

Hari ketiga di Negeri Tirai Bambu, koran ini berkesempatan menjelajahi dua kota sekaligus dalam sehari. Huzhou yang terkenal dengan jembatan kaca, dan Suzhou dengan Lotus Gardennya.

 

Laporan, Bonit Anggi

KAMIS pagi, kami keluar dari hotel dengan pakaian yang lebih tebal dari sebelumnya, plus menenteng payung karena hujan. Jika pada hari kedua rombongan hampir ‘dijegal’ cuaca dingin, hujan nyaris melunturkan niat kami mengunjungi Longshan Glass Bridge di Kota Huzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok. Sekira pukul delapan pagi bertolak dengan bus, tiba di kompleks jembatan kaca itu pukul 10.17.

Berhubung jembatan ini baru dua tahun selesai dibangun, akses jalan kesana tidak memungkinkan untuk bus kami yang bertingkat dua untuk masuk. Akhirnya, rombongan harus berjalan kaki hampir 2 km, di atas jalan yang terbuat dari batu berwarna merah.

Suhu 5º langsung menyambut kami begitu tiba di atas. Sesampainya di pintu jembatan, sensasinya kurang menggigit. Lagi-lagi, karena hujan, jalan kacanya dipenuhi air dan berembun. Sehingga kurang begitu jelas pandangan ke bawah. Tapi angin saat itu bertiup cukup kencang, cukup membuat kaki saya ‘totofore’. Selain karena dingin,  jembatan kadang bergoyang ke kiri dan ke kanan. “Untuk yang memiliki phobia ketinggian cukup melihat dari jauh saja,” saran Wiliam, tour guide kami.

Dia menginformasikan, jembatan kaca tersebut termasuk kategori destinasi wisata baru di Huzhou. “Terhitung baru dua tahun pemerintah meresmikannya,” kata pria berkacamata ini. Sekira pukul 12.11, rombongan bertolak ke rest area, untuk makan siang atau sekadar makan camilan. Kami tidak sempat singgah restoran lantaran jadwal sudah molor dari yang seharusnya.

Destinasi selanjutnya ke Suzhou. William menjelaskan, Suzhou adalah kota besar yang terletak di sebelah tenggara Provinsi Jiangsu, China Timur. Kota ini terletak di hilir Sungai Yangtze dan di tepi Danau Taihu yang merupakan bagian dari wilayah Delta Sungai Yangtze.

12
Kirim Komentar