08 Feb 2019 13:38

RSUP Kandou Berikan Edukasi Pencegahan Kanker

MyPassion
Divisi Hematologi-Onkologi Medik, Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Unsrat RSUP Kandou Linda Rotty memberikan sosialisasi penyakit kanker.(Dok RSUP Kandou)

MANADOPOSTONLINE.COM—Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kandou menggelar edukasi kesehatan pencegahan kanker, di Instalasi Promosi Kesehatan (Promkes), Kamis (7/2) kemarin. Edukasi kesehatan dibawakan Divisi Hematologi-Onkologi Medik, Bagian/KSM Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Unsrat RSUP Kandou Linda Rotty.

Dia mengatakan, kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem imun. Khususnya limfatik yang berperan melawan infeksi penyakit. “Kelenjar getah bening berada di bawah kulit. Di bagian tubuh tertentu. Antara lain ketiak, bagian bawah rahang, leher, selangkangan pada paha, di bagian tubuh perut dan dada,” katanya. Proses terjadinya infeksi terlihat dari pembengkakan bagian-bagian tersebut. “Tindakan yang harus dilakukan adalah mengurangi faktor risiko lebih parah. Selain pembengkakan batuk, lelah, hidung beringus, menggigil dan berkeringat, radang tenggorokan, demam, dan kulit memerah dan bengkak,” ungkapnya.

Elvri Daungkana SST sebagai ahli gizi menambahkan, faktor risiko penyebab kanker melalui penggunaan bahan kimia. Seperti salah satu contoh TAR pada rokok. "Saya sarankan menjauhi asap rokok. Memang para perokok tak mudah dalam berhenti merokok karena sifat kecanduannya tinggi. Karena itu harus ada kesadaran tentang bahayanya rokok. Tentunya harus ada pemahaman terkait kesehatan dan support dari orang terdekat," tambahnya .

Dia juga menyarankan, perbanyak mengonsumsi makanan-makanan sehat tanpa bahan pengawet sangat dianjurkan. "Mengurangi pemakaian penyedap rasa pada makanan, mengonsumsi buah dan sayuran terutama makanan sehat dan buah kaya warna,” pungkasnya.(ctr-03/gel)

Kirim Komentar