07 Feb 2019 09:08
Jelajah Hangzhou, ‘Surga’ Dunia di Tiongkok

Terpesona Keindahan West Lake dan Kenikmatan `Ayam Pengemis`

MyPassion
KAYA SEJARAH: Mengunjungi Yue Fei Temple yang terletak di kompleks West Lake, Hangzhou.

Di China ada pepatah ‘di langit ada surga di bumi ada Hangzhou’, untuk menggambarkan keindahan alamnya. Kemarin (6/2), koran ini berkesempatan menjelajah sejumlah destinasi wisata di kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022.

Laporan: Bonit Anggi, Hangzhou

SUHU 8o Celsius tak menciutkan semangat saya bersama 28 orang lain rombongan tur Star Express menjelajah kota kelahiran salah satu orang terkaya di dunia, Jack Ma, Hangzhou. Usai sarapan di hotel, sekira pukul 09.10 kami langsung meluncur ke West Lake (Xi Hu).

Rasa lelah akibat lima jam perjalanan udara dari Manado, hilang seketika begitu sampai di danau ini. Apalagi menikmati keindahannya dari atas kapal pesiar. Sepanjang jalan sangat bersih. Pernah dengar kisah tentang siluman ular putih? Ini adalah legenda paling terkenal di Tiongkok. Konon, legenda itu terjadi di danau ini.

Menurut William, tour guide kami, cerita tersebut berawal dari seekor ular putih yang muncul di dunia untuk menjadi manusia. Konon, ular itu akhirnya berubah menjadi seorang wanita cantik. Ia pun menikah dengan seorang pria bernama Xu Xian. Perkawinannya dikaruniai seorang anak. “Malang, kehidupan beda dunia itu tidak disetujui seorang biksu bernama Fahai. Sang biksu pun menyekap siluman ular putih di bawah Pagoda Leifeng, yang terletak di Xi Hu alias West Lake ini,” cerita pria yang belajar Bahasa Indonesia secara otodidak itu.

Kami juga melewati Broken Bridge. Jembatan ini konon adalah tempat bertemunya siluman ular putih dengan Xu Xian. “Mengapa dikatakan jembatan putus? Ketika turun salju tiap ujung jembatan tertutup salju. Yang kelihatan hanya badan jembatan membuatnya terlihat putus,” ungkap William.

Sebelum makan siang, kami singgah di Yue Fei Temple, yang masih satu kompleks dengan West Lake. Bangunan ini merupakan tempat persemayaman Jenderal Yua Fei yang menjabat pada masa Dinasti Song. Bangunan yang berdiri pada tahun 1211 ini memiliki tiga gedung yang berbeda.

12
Kirim Komentar