07 Feb 2019 11:51

SNMPTN Dibuka Hingga 14 Februari, Jangan Salah Pilih Program Studi

MyPassion

MANADO—Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 dibuka hingga 14 Februari 2019. Kepada calon mahasiswa yang eligible (memenuhi persyaratan) agar mendaftar sedini mungkin. “Calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan mulai diumumkan LTMPT sejak 4 Februari 2019 Februari,” ungkap juru bicara Unsrat Hesky Kolibu MT, mewakili Rektor Prof Ellen Kumaat DEA.

 

Menurutnya, pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), berdasarkan nilai mata pelajaran jurusan IPA; Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi. Kemudian jurusan IPS; Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

urusan Bahasa; Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing. Sementara SMK; Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (teori kejuruan dan praktik kejuruan).

“Pemeringkatan dan eligibilitas siswa dilakukan untuk setiap sekolah per jurusan yang didaftarkan di PDSS 2019. Pemeringkatan didasarkan pada isian data nilai oleh sekolah yang sudah diverifikasi oleh siswa, untuk mata pelajaran yang tercantum di laman www.snmptn.ac.id,” urainya. Lanjutnya eligibilitas ditentukan dengan melihat ketentuan kuota berdasarkan akreditasi sekolah seperti yang tercantum di laman www.snmptn.ac.id. “Bagi siswa yang eligible agar segera mendaftar sampai tanggal 14 Februari 2019,” ungkapnya.

“Jika calon mahasiswa sudah mendaftar di SNMPTN, dan sudah difinalisasi, tidak bisa mengundurkan diri. Jadi, bila ingin memilih lewat jalur SBMPTN sebaiknya siswa tidak mendaftar di SNMPTN,” lanjut Kolibu. Kemudian jika siswa sudah melakukan finalisasi pendaftaran SNMPTN 2019, data sudah tidak dapat diubah, termasuk pilihan program studi (prodi) sudah tidak dapat diubah. “Jadi pikirkan dengan matang tentang pilihan prodi sebelum melakukan finalisasi,” tandasnya.

Rektor Unima Prof Paula Runtuwene MS, melalui Wasek Media Center Unima, selaku panitia seleksi SNMPTN Irwani Maki juga membenarkan, pihaknya telah membuka pendaftaran calon mahasiswa. “Untuk pendaftarannya telah kita buka, serentak sesuai jadwal dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi,” sebutnya.

Bahkan kata dia, sejumlah tahapan SNMPTN sudah dilaksanakan. Semisal pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pendaftarannya kata Maki telah dimulai sejak 4 Februari dan ditutup 14 Februari. “Jadi ada 10 hari waktu yang diberikan untuk melakukan pendaftaran bagi peserta yang lulus dalam pemeringkatan melalui sistem LTMPT. Untuk pengumuman hasilnya nanti pada 23 Maret mendatang,” pungkasnya.(gnr)

Kirim Komentar