06 Feb 2019 09:31

Login SNM PTN Membludak, Tapi Belum Daftar

MyPassion
Ilustrasi

JAKARTA—Memasuki hari kedua pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) kemarin (5/2), ternyata banyak siswa yang  login hanya untuk mempelajari ketentuan. Yang benar-benar mendaftar tak sampai 10 persen.

 

Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo Widyobroto menuturkan, data sampai pukul 18.00 WIB tadi malam, rekapitulasi siswa yang login di website pendaftaran SNM PTN 2019 berjumlah 315.071 siswa Angka itu sekitar separuh dari total siswa yang berhak mendaftar SNM PTN yang mencapai 613.861 siswa.

Dari jumlah 300 ribuan lebih itu, ternyata yang sudah melakukan pendaftaran baru ada 10.785 siswa. Sementara siswa yang sudah finalisasi pendaftaran lebih sedikit lagi, yakni masih 6.553 siswa. Pendaftaran SNM PTN dibuka sampai 14 Februari nanti.

 “Dimohon untuk segera mendaftar setelah memiliki pilihan PTN dan prodinya,’’ jelas Budi yang juga guru besar UGM itu dilansir dari Jawa Pos (grup Manado Post).

Melihat pola akses masuk ke website pendaftaran SNM PTN tersebut, Budi mengatakan traffic atau lalu lintas pengguna (user) memang tinggi. Tetapi hanya tinggi untuk sekadar mempelajari tata cara pendaftaran.

Pada hari pertama pendaftaran SNM PTN (4/2), banyak suara kekecewaan dari siswa yang tidak masuk kategori eligible atau memenuhi syarat untuk daftar SNM PTN. Pembatasan tersebut terkait dengan ketentuan kuota berdasarkan akreditasi sekolah masing-masing. Sekolah dengan akreditasi A hanya dibatasi 40 persen siswanya bisa daftar SNM PTN. Sementara sekolah akreditasi B hanya 25 persen. Kemudian sekolah akreditasi C dan lainnya diberikan kuota 5 persen saja.

Ada masukan dari masyarakat supaya ketentuan pembatasan atau kuota berdasarkan akreditasi sekolah itu dihapus. Sehingga seluruh siswa di sekolahan tersebut bisa mendaftar SNM PTN. ’’Terima kasih semua masukan masyarakat. Akan kita kaji secara baik dengan berbagai pendekatan akademik,’’ tuturnya.

Lebih lanjut Budi mengatakan prinsip SNM PTN adalah memberikan penghargaan atas prestasi sekolah. Salah satu prestasi sekolah bisa dilihat dari akreditasinya. Kemudian juga menghargai prestasi siswa selama di jenjang SMA sederajat. ’’SNM PTN itu bagaimana bisa memilih siswa yang terbaik dari yang berprestasi,’’ jelasnya.

Untuk itu Budi mengatakan kepada siswa yang dinyatakan tidak bisa mendaftar SNM PTN jangan berkecil hati. Sebab masih ada jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN). Apalagi kuota jalur SNM PTN minimal hanya 20 persen. Jauh lebih banyak kuota SBM PTN yang dipatok minimal 40 persen.(gnr)

Kirim Komentar