06 Feb 2019 10:28

Kereta Api Trans Sulawesi Mandek, Anggaran Pembebasan Lahan Mubasir

MyPassion
Ilustrasi.NET

MANADOPOSTONLINE.COM—Pembangunan kereta api jalur trans Sulawesi, sampai saat ini mandek di Sulut. Pasalnya, sampai saat ini tidak ada pekerjaan rel yang dimulai untuk Sulut. Hal itu dikatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulut Ricky Toemandoek, Selasa (5/2).

 

"Sampai saat ini, kita belum menerima petunjuk lanjutan terkait rel kereta api trans Sulawesi ini. Padahal, waktu lalu anggaran untuk pembebasan lahan sudah kita siapkan. Namun karena tidak ada instruksi lanjutan, akhirnya dana itu dikembalikan ke negara. Kan tidak terpakai, padahal rencananya jalur Minut-Manado sudah akan dibebaskan. Namun ternyata, belum mendapatkan instruksi lanjutan," ungkapnya.

Dia mengatakan, bakal berkonsultasi dengan pemerintah pusat terkait pembangunan kereta api trans Sulawesi yang dimulai per regional. Karena menurut Toemandoek, pembangunan jalur jika hanya dimulai dari Sulawesi Selatan, sampai 10-20 tahun ke depan belum akan sampai ke Sulut.

"Kita bakal mengusulkan untuk pembangunan rel dan gerbong itu per regional. Jadi Sulut, sudah bisa mulai membangun, Gorontalo juga, Sulawesi Tengah juga sudah bisa mulai. Agar masing-masing daerah sudah running. Nanti secara perlahan itu disambungkan. Kalau menunggu jalur dikerjakan secara bertahap dari Sulawesi Selatan, maka butuh waktu yang sangat lama untuk sampai ke Sulut," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) mengatakan, pihaknya masih memberikan perhatian khusus untuk proyek prioritas nasional yang sementara running. Seperti Jalan Tol Manado-Bitung, Waduk Kuwil, Waduk Lolak, KEK Bitung, KEK Pariwisata serta beberapa program prioritas lainnya.

"Bukan berarti kereta api trans Sulawesi ini tidak penting. Itu akan menjadi prioritas kita ke depannya. Nanti jika sudah selesai, semua proyek prioritas nasional baru kita pikirkan terkait kereta api trans Sulawesi ini. Yang pasti, kita masih berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk, mengatakan semua trase dari kerata api trans Sulawesi ini," tutupnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar