05 Feb 2019 12:48

Thailand Terancam Absen Olimpiade

MyPassion
Logo PABBSI.(dok PABBSI)

MANADOPOSTONLINE.COM---Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PABBSI Alamsyah Wijaya tetap ingin para atletnya mempersiapkan diri dengan serius jelang kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 meskipun mereka kemungkinan akan kehilangan salah satu lawan tangguh, Thailand.

Para lifter dari Negeri Gajah Putih terancam tidak bisa berkompetisi di Olimpiade lantaran empat lifter mereka kedapatan menggunakan doping di Kejuaraan Dunia 2018 lalu. Merujuk pada aturan Federasi Angkat Berat Dunia (IWF), jika ada tiga atlet atau lebih dari satu negara yang kedapatan melakukan doping dalam agenda IWF, maka negara tersebut tidak boleh bertanding selama empat tahun.

Meski peluang meraih medali bakal semakin terbuka jika Thailand absen, namun Alamsyah tidak mau pasukannya berada di atas angin.

"Saya pikir tidak ada pengaruhnya (atlet Thailand dihukum karena doping, Red). Intinya ada atau tak ada mereka, kita harus mempersiapkan diri juga," ujarnya saat dihubungi, Senin (4/2).

Seperti diketahui, Indonesia sendiri menargetkan akan mengirimkan tiga lifter dari sektor putra dan putri untuk Olimpiade Tokyo 2020. Namun Alamsyah sendiri tak ingin berpatok pada target tersebut.

Di tengah persaingan yang berat, Alamsyah merasa yang terpenting saat ini adalah setiap atlet harus bisa memanfaatkan peluang yang ada. Alamsyah mau semua pemainnya berusaha keras dan mendulang poin sebanyak-banyaknya demi bisa berlaga di Negeri Matahari Terbit tahun depan.

"Kita harus mengikuti lima kali kualifikasi. Tapi kita mungkin akan monitor perolehan poinnya. Jadi kalau poin mereka sudah cukup untuk kualifikasi, mungkin nggak usah main sampai lima kali," tutupnya.(JawaPos/can)

Kirim Komentar