02 Feb 2019 14:30

Banjir dan Longsor Serang Minut, Aktivitas Warga Sempat Lumpuh

MyPassion
Sungai Talawaan meluap tetapi menjadi tontonan warga sekitar, Jumat(1/2). Foto lain: Sejumlah rumah warga dan fasilitas umum di Likupang terendam.(BPBD Minut for MP)

MANADOPOSTONLINE.COM---Hujan deras yang menyerang wilayah Sulut khususnya di Minahasa Utara (Minut), membuat aktifitas warga sempat lumpuh. Parahnya, bajir dan longsor kembali menyerang warga, khususnya di daerah dekat alisan sungai.

Tetapi, anehnya ditempat lain, tingginya air di sungai menjadi tontonan warga sekitar, Jumat (1/2) kemarin.
Terpantau, saat hujan mengguyur Minut, warga Airmadidi pun enggan untuk keluar rumah dan beraktivitas, jalan pun yang biasa ramai, kini sepi. Apalagi dilokasi yang terkena bencana banjir dan tanah longsor, aktivitas warga lumpuh karena sebagian rumah dan fasilitas umum, direndam air.

Dikatakan sejumlah warga Likupang, kejadian ini sudah sering terjadi. "Anehnya, selalu terjadi, tapi belum ada tindak lanjut untuk mengantisipasi bencana ini," keluh mereka.

Ditambahkan Donald Rumimpunu, diharapkan pemerintah memperhatikan warga yang terkena dampak musibah saat ini. "Dengan harapan, kedepan akan ada solusi, agar Likupang tidak banjir lagi," harap mereka.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minut Forsman Dandel SSos MSi, mengatakan, akibat hujan lebat yang tak kunjung berhenti, sebagian daerah di Minut banjir. "Dari 10 kecamatan di Minut, hampir semua mengalami bencana, tetapi tidak parah. Yang paling parah di Likupang," ujarnya.

Meski begitu, dikatakan Dandel, sebagian daerah yang sudah terkena banjir airnya mulai surut, akan tetapi pihaknya terus melakukan monitoring, apalagi hingga saat ini, hujan masih terus turun. "Ada beberapa personel yang kami turun lapangan untuk memantau di 10 kecamatan. Karena kita tidak tau kedepanya seperti apa, bencana itu datang seperti pencuri dan tanpa peringatan. Maka dari itu masyarakat harus selalu berhati-hati dan waspada. Apalagi ini cuaca ekstrem, dan ketika terjadi bencana segera hubungi instansi terkait atau perangkat desa terdekat," tukasnya.(tr-04/ria)

Berikut Dftara Wilayah Terkena Dampak Banjir dan Longsor di Minut:

1. Kecamatan Dimembe
Desa Matungkas
Desa Dimembe
Desa Warukapas
Desa Lumpias Dua rumah terkena longsor 
2. Kecamatan Kema
Desa Kema 1
Desa Kema 2
Desa Kema 3
3. Kecamatan Likupang Timur
Desa Likupang I
Desa Likupang II 
4. Kecamatan Likupang Barat
5. Kecamatan Wori

Sumber: Data Sementara BPBD

Kirim Komentar