21 Jan 2019 17:33

Tekan Kriminalitas, Genjot Sosialisasi

MyPassion
Hilman Muthalib

MANADOPOSTONLINE.COM---Meski angka kriminalitas menurun. Tetapi, masih ada sejumlah kasus kriminalitas yang terjadi saat ini dilakukan anak yang masih sekolah.

Menseriusi hal tersebut, Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan STh saat rapat bersama kepsek dan guru pekan lalu, mengatakan siswa harus dididik dengan baik dan taat aturan serta paham hukum. "Untuk itu, dalam waktu dekat, Pemkab, bekerjasama dengan Polres, Kejari, dan PN Minut untuk menggelar sosialisasi di sekolah. Dan hal ini bukan datang untuk menakut-nakuti anak-anak, tetapi memberikan pandangan dan pemahaman bahkan hal melanggar hukum tidak baik dan ada sanksinya," kata VAP sapaan akrab Panambunan.

Dengan dilaksanakan sosialisasi di sekolah, kata bupati, akan mengurangi kebiasaan buruk siswa. "Contohnya, minum miras, hirup lem eha bond, dan bolos sekolah," tukasnya, sembari berharap, warung-warung yang berjualan miras untuk tidak menjual minuman ini kepada anak-anak.

Terpisah Kasat Narkoba Polres Minut AKP Hilman Muthalib SH mengatakan, hingga saat ini, pihaknya intens melakukan penyuluhan dan sosialisasi di sekolah-sekolah. "Agar para pelajar yang ada di Minut bebas dari narkoba dan miras," tukasnya.

Muthalib menambahkan, selain melakukan sosialisasi, pihaknya juga sering menggelar razia di warung-warung dan tempat keramaian. "Sangat diharapkan, peran orang tua juga dalam mendidik anaknya dan kesadaran siswa, salah satu cara meminimalisir angka kriminalitas yang setiao tahun terus di Minut berkurang," kuncinya.(tr-04/ria)

Kirim Komentar