16 Jan 2019 15:35

Cuaca Tak Menentu, Nelayan di Mitra Menepi

MyPassion
Ilustrasi cuaca buruk.(dok Manado Post)

MANADOPOSTONLIN.COM—Cuaca tak menentu membuat sebagian besar nelayan di Mitra tak melaut. Terpantau, Selasa (15/1), aktivitas di sekitaran perairan Belang tampak tidak terlalu ramai dengan keberadaan perahu nelayan. "Kondisi laut yang tidak menentu sehingga kami lebih baik tidak melaut," ungkap Kasman Talatung, nelayan asal Desa Molompar

Senada diungkapkan, Rustamin Mokoagow, nelayan asal Belang yang mengungkapkan kondisi di laut tidak menentu. Katanya, saat di darat tenang, ketika sampai di laut muncul angin, hujan yang disertai badai dan ombak besar. "Itu yang ditakutkan nelayan. Karena sulit diperkirakan cuaca di tengah laut," katanya.

Selain itu, meski kondisi cuaca tak menentu, tetap ada kapal penangkap ikan yang memilih melaut. Hal tersebut sesuai dengan divination Selasa (15/1). Di mana ada pengurus kapal yang mengurus surat laik operasi (SLO) di Pengawasan Pengawasan SDKP Belang. "Kami tetap mengurus SLO. Tapi untuk pergi menangkap ikan, kami melihat kondisi cuaca dulu. Kalau ombak dan angin kencang kami memilih tidak akan melaut," kata Daeng salah satu nelayan di Belang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mitra Vecky Monigir menyebutkan pihaknya tetap memantau situasi terkini. Dia menyebut untuk larangan untuk tidak bisa melaut itu dikeluarkan langsung BMKG. "Jadi sebetulnya situasi memang terjadi sedikit bergelombang ataupun tidak menentu. Tapi untuk mengeluarkan larangan itu langsung dari pihak BMKG," ujarnya.

Meski begitu, pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan masing-masing camat. Supaya tetap mengimbau para nelayan agara waspada. "Terus kami ingatkan baik secara langsung ataupun melalui pihak kecamatan," tandasnya. (cw-01/tan)

Kirim Komentar