12 Jan 2019 11:34

Pengurangan Sampah Plastik di Bitung Dilirik Channel Korea

MyPassion
Wali Kota Maximiliaan Lomban menerima wartawan dari Korean Broadcasting System (KBS) Mr Mark.(Dok Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Wali Kota Maximiliaan Lomban menerima wartawan dari Korean Broadcasting System (KBS) Mr Mark yang merupakan channel terbesar di Korea, Jumat (11/1).

Tujuan KBS adalah untuk melihat secara langsung tentang keberadaan Kota Cakalang khususnya program 'Pengurangan Sampah Plastik' berdasarkan Peraturan Wali Kota Bitung No 70 Tahun 2018.

"Materi yang dibahas dalam wawancara tersebut adalah tentang program dan aturan yang ada, dalam rangka mengurangi sampah plastik, termasuk langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh Pemkot Bitung," ungkap Lomban.

Ia mengatakan, saat ini semua ASN wajib bawa tumbler, tidak lagi menyediakan minuman dalam kemasan botol dan gelas plastik serta melakukan kerjasama dengan pelabuhan perikanan dengan memberi manifestasi barang logistik di setiap perahu atau kapal nelayan yang harus dibawa kembali ke darat. Sehingga tidak ada sampah yang dibuang dilaut.

"Sampah plastik yang berakhir di lautan sangat berpotensi mencemari dan memberikan dampak yang serius bagi keseimbangan ekosistem di laut, pengurangan (reduksi) adalah kuncinya. Dan untuk itu semua pihak harus berperan aktif dalam mewujudkannya," pungkasnya.(tr-07/ria)

Kirim Komentar