12 Jan 2019 09:29
Bara: Jangan Karena Surplus Kemudian Terlena

Pemadaman Listrik Hantui Sulut, PLN Bilang Begini

MyPassion

MANADO—Awal tahun ini, Sulawesi Utara (Sulut) dihantui pemadaman listrik (lihat grafis). Padahal listrik di Sulut surplus. Hal ini tidak lepas dari berbagai gangguan teknis yang terjadi di pembangkit dan jaringan. 

 

Menurut General Manager (GM) Pembangkit dan Penyaluran PLN Sulawesi Purnomo mengatakan, untuk kedua kalinya gangguan terjadi di Sulut dan Gorontalo (Sulutgo).

 

“Kami mohon maaf yang sebelumnya disebabkan transmisi 150 kV antara GI Lopana - GIS Telling. Kemudian tadi malam penampang/konduktor dari GI Amurang ke arah LMVPP putus," kata Purnomo.

Purnomo mengatakan, pihaknya akan segera melakukan penggantian relay yang gangguan dan resetting. Pihaknya juga memeriksa semua relay dan uji, yang dibantu tim dari UPT Sulselbar serta UIT Jawa Timur dan Bali.

“Jika terjadi gangguan, katanya, itu karena faktor alam ataupun gangguan teknis yang harus dikerjakan secara teliti,” sebut Purnomo.

Terpisah, anggota DPR RI Bara Hasibuan mengatakan, wilayah Sulut surplus lisrik dengan pasokan karpowership.

“Masalahnya ada pada distribusi. Jangan karena surplus listrik kemudian terlena,” ujarnya.

Anggota Komisi VII DPR RI ini menambahkan, salah satu kendala terkait pohon menghalangi jaringan listrik. PLN juga tidak memiliki kewenangan menebang pohon yang mengganggu jaringan listrik itu.

“Kami berharap pemerintah daerah mensupport langkah ini, agar gangguan listrik berkurang,” ujarnya. (Tim MP/can)

Kirim Komentar