11 Jan 2019 10:32

Tiga Hari Diperbaiki, Reservoar PDAM Tomohon Kembali Normal

MyPassion
Perbaikan mesin di reservoar Kelurahan Paslaten selang tiga hari terakhir telah rampung.(Dok PDAM)

MANADOPOSTONLINE.COM---Bak penampung air utama (reservoar, red) yang menjadi sumber utama mengalirkan air bersih ke seluruh Kota Bunga rusak. Dikatakan Direktur Utama PDAM Tomohon Marthen Gosal, hal itu dikarenakan, usangnya alat pengatur tekanan air yang tak pernah direvitalisasi selang 20 tahun terakhir.

"Tidak heran kalau hal ini menyebabkan gangguan dalam suplai air di Tomohon, lebih khususnya di Kecamatan Tomohon Tengah. Berkas kerja keras selama tiga hari, teknisi di lapangan, mulai pagi tadi reservoar sudah normal," ungkap Gosal.

Lanjut dia, kondisi pipa yang tak lagi optimal, menyebabkan sering terjadi kebocoran, karena tekanan air yang kuat. "Tekanan air yang kita suplai ke pelanggan sangat kuat, hal itu tak bisa diimbangi dengan ketahanan pipa. Itulah sebabnya, seringkali terjadi kebocoran pipa," tukas dia.

Sementara itu, Sekretaris PDAM Tomohon Jimmy Supit menambahkan, permintaan peremajaan dan perbaikan sarana dan infrastruktur pendukung, telah disampaikan ke instansi pemerintah terkait.

"Sudah diusulkan ke Dinas PUPR baik kota maupun provinsi. Untuk bantuan revitalisasi pipa-pipa air bersih di Tomohon. Jumlahnya sekira 70 persen sambungan, sudah layak untuk diganti," beber dia.

Ia berharap, dinas terkait untuk bersama-sama meningkatkan kualitas layanan. "Soal perbaikan infrastruktur tersebut, memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Bisa puluhan miliar. Mudah-mudahan tahun ini ada peremajaan," pungkas dia.(jul/ria)

Kirim Komentar