11 Jan 2019 10:01

Hujan Akan Terjadi Sampai Maret, 38 Kelurahan di Manado Potensi Banjir dan Longsor

MyPassion
Grafis.

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebanyak 38 kelurahan di Manado berpotensi banjir dan longsor (lihat grafis). Apalagi karena cura hujan masih terjadi di Manado dan sekitarnya. Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Minahasa Utara Asep Hendrawan mengatakan, perkiraan hujan di Manado akan terjadi sampai Sabtu (12/1) dengan intensitas ringan dan lebat.

“Secara klimatologi Januari sampai Maret masih akan terjadi hujan dengan sifat normal dan curah hujan antara 100mm sampai 400 mm per bulan,” sebutnya.

Terpisah, Kepala BPBD Manado Maximilian Tatahede melalui Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Darurat BPBD Jenny Bangonang mengatakan, hampir semua kecamatan di Manado berpotensi bencana, akan tetapi berbeda ancamannya.

“Untuk curah hujan yang tinggi di awal tahun sangat rentang terjadi ancaman banjir dan longsor,” katanya.

Dia mengimbau, masyarakat selalu waspada akan ancaman bencana banjir dan longsor yang sewaktu-waktu bisa terjadi. “Kami juga sudah melakukan sosialisasi terhadap kelurahan rawan banjir dan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan satu kali 24 jam,” ujarnya.

Dia meminta, bagi yang tinggal di lereng bukit jika terjadi intensitas hujan yang tinggi lebih dari empat jam, warga agar berhati-hati. Lebih baik mengungsi di tempat yang aman.

“Kalau tinggal di pinggiran sungai, rutin memantau sungai. Jika airnya sudah mulai naik segera mengungsi ke tempat yang aman,” pesannya.

Dia juga mengutarakan, pihaknya sudah menyediakan HT di masing-masing kelurahan guna melaporkan keadaan di wilayah masing-masing jika terjadi bencana. “Agar tim reaksi cepat dapat turun melakukan pertolongan,” ungkapnya.

Terpisah, Seksi Pencegahan Bidang Kesiapsiagaan BPBD Ferdy Ladja meminta masyarakat peduli terhadap lingkungan. “Kami juga sudah turun melakukan sosialisasi bencana banjir dan longsor kepada masyarakat terkait apa yang dilakukan masyarakat sebelum, saat dan seudah terjadi bencana. Agar supaya masyarakat memiliki pengetahuan tentang itu,” pungkasnya.(ite/can)

Kirim Komentar