11 Jan 2019 10:10
Pedagang Rezah, Melakukan Penagihan Retribusi

Calo Beraksi di Pasar Modayag

MyPassion
Beberapa pedagang di Pasar Ambang Modayag menyuarakan aspirasinya di depan anggota DPRD dan Sekwan DPRD Boltim Priyamos, kemarin.(Ayurahmi/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM — Para pedagang di Pasar Ambang Modayag, Desa Purwerejo, Kecamatan Modayag mulai resah. Pasalnya ada oknum calo yang mengaku petugas pasar melakukan penagihan retribusi tanpa menunjukkan indentitas yang jelas.

“Saya sering ditagih uang retribusi dengan nominal yang variatif. Mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 20 ribu dengan alasan untuk uang kebersihan pasar,” ungkap pedagang Evi Pontoh.

Menurut dia, oknum yang melakukan  penagihan mengatasnamakan petugas pasar tidak menunjukan surat tugas dari dinas terkait. "Ini sudah berlangsung lama. Tapi tidak ada tindakan dari dinas terkait," sesalnya.

Di sisi lain, Petugas Pasar Modayag Muhamad Ramadan mengatakan, pihaknya sering terganggu dengan hal tersebut. "Saat saya menagih retribusi yang sah, pedagang sudah tidak mau memberikan. Alasannya  sudah didahului oleh oknum-oknum tersebut. Akibatnya pendapatan dari retribusi untuk disetor ke pemkab tidak maksimal," keluhnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Ramlah Mokodompis menekankan, pihaknya telah menyampaikan kepada para pedagang jika penagihan retribusi hanya dilakukan oleh petugas pasar yang diberi surat tugas. "Yang berhak menagih hanyalah petugas yanh diberikan surat tugas. Selain dari itu jangan dipercaya," pesannya.

Dia pun meminta, para pedagang untuk lebih berhati-hati. "Jangan gampang percaya. Jika ada orang yang datang meminta uang retribusi pastikan dulu jika dia benar-benar petugas yang sah. Pedagang harus berhati-hati," katanya sembari berjanji, akan mengusut keganjalan tersebut.

Terpantau, Kamis (10/1) kemarin, beberapa pedagang terlihat mendatangi Kantor DPRD Boltim untuk mengeluhkan persoalan tersebut dan diterima langsung oleh beberapa anggota DPRD dan juga Sekwan Priyamos. (tr-01/ite)

Kirim Komentar