10 Jan 2019 12:37
Erupsi Karangetang Bantu Bunuh Nyamuk

Dari Desember, Empat Orang Kena DBD

MyPassion
Grafis.

MANADOPOSTONLINE.COM—Bahaya demam berdarah (DBD) yang mengancam sebagian wilayah di Sulut, tak terlihat di Kabupaten Kepulauan Sitaro. Pasalnya berdasarkan data tiga bulan terakhir, sejak dimulainya musim DBD pada November hingga Januari, hanya berkisar empat orang di Bumi Karamando yang positif dinyatakan menderita.

Kepala Dinas Kesehatan Ria M Papalapu mengatakan hal tersebut memang dipengaruhi karena kesadaran masyarakat terkait kebersihan lingkungan sekitar mulai terbentuk.

"Warga saat ini telah sadar menjaga kebersihan serta membersihkan genangan air di sekitar rumah saat musim penghujan. Selain itu salah satu faktor yang paling penting adalah erupsi Gunung Karangetang yang terjadi belakangan ini membantu menghilangkan penyebaran bibit nyamuk DBD," terangnya.

Lanjut Papalapu, debu vulkanis hasil erupsi memiliki kadar asam cukup tinggi sehingga bisa menghilangkan berbagai hama termasuk nyamuk penyebab DBD. "Sehingga erupsi ini juga memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakat Sitaro, terutama di Pulau Siau," ucapnya.

Meski begitu, katanya, pemerintah terus mengajak masyarakat selalu melakukan berbagai upaya dalam mencegah terjadinya penyebaran bibit nyamuk penyebab DBD, dengan program 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur).(drp/gel)

Kirim Komentar