08 Jan 2019 12:09

Presiden Meksiko Tak Memiliki Rumah dan Mobil

MyPassion
Andres Manuel Lopez

MANADOPOSTONLINE.COM — Bagi Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador uang bukan segalanya. Politikus yang biasa dipanggil Amlo itu buka-bukaan tentang harta kekayaannya dalam acara konferensi pers pada Jumat (4/1) waktu setempat. Dia tak memiliki kartu kredit dan saldo tabungannya hanya 108.744 peso atau setara Rp 327,3 juta.

’’Saya tak pernah tertarik dengan uang. Saya berjuang demi cita-cita. Demi prinsip,’’ tegas Obrador sebagaimana dikutip Reuters Sabtu (5/1). Dilansir Jawa Pos.com (Grup Manado Post). Para politikus yang sudah berkecimpung belasan hingga puluhan tahun di dunia politik seperti Obrador biasanya memiliki kekayaan yang luar biasa.

Bukan hanya itu, dia juga tak mempunyai rumah ataupun mobil. Rumah dan mobil keluarganya atas nama istrinya. Tanah warisan seluas 1,2 hektare dari orangtuanya sudah dibagikan ke anak-anaknya dan diubah atas nama mereka.

Presiden yang baru dilantik pada Desember tahun lalu itu juga tak mengambil penuh gajinya. Per tahun dia hanya mengambil gaji USD 65 ribu atau sekitar Rp 929,56 juta. Jumlah tersebut kurang dari separo dari gaji presiden sebelumnya. Istri Obrador, Beatriz Gutierrez Muller, yang berprofesi akademisi dan penulis memiliki penghasilan lebih tinggi. Yaitu, mencapai USD 72 ribu atau Rp 1,02 miliar per tahun.

Sejak awal pencalonannya, Obrador memang mengusung tema untuk bersih-bersih dari korupsi dan melakukan penghematan demi negara. Pesawat kepresidenan yang dijualnya masih menunggu pembeli. Begitu juga kendaraan mewah milik negara lainnya. Obrador akan naik pesawat komersial dan bepergian lewat jalur darat dengan Volkswagen Jetta.

Para pegawai negeri dan pejabat pada periode pemerintahannya mau tak mau ikut serta. Saat ini kongres telah menyetujui rancangan undang-undang (RUU) yang menyatakan bahwa pejabat negara tak boleh berpenghasilan lebih tinggi daripada presiden. Berdasar sistem antikorupsi yang baru, semua pejabat negara dan keluarganya juga harus mengungkap harta kekayaannya.

Reaksi atas paparan kekayaan Obrador bermacam-macam. Banyak yang memujinya karena dia jauh berbeda dengan para presiden pendahulunya yang kerap menggunakan fasilitas mewah. Namun, banyak pula yang mengkritiknya.

Di Meksiko, ada budaya menyembunyikan harta kekayaan dengan mengatasnamakan orang lain. Biasanya keluarga inti, kerabat, dan sahabat. Obrador pun dituding demikian. ’’Hanya neneknya yang memercayai (ucapannya) itu. Sadarlah Meksiko,’’ cuit mantan Presiden Meksiko Vicente Fox di akun Twitter-nya. (ite)

Kirim Komentar