08 Jan 2019 09:58

Israel Serang Hamas Lewat Udara

MyPassion
Ilustrasi serangan udara Israel di Jalur Gaza, Palestina. (Said KHATIB / AFP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Pertempuran di Jalur Gaza tidak ada habisnya. Angkatan Bersenjata Israel menyatakan, telah meluncurkan serangan udara ke Jalur Gaza, Palestina yang menjadi basis kelompok perjuangan Hamas pada Senin (7/1). Hal itu dilakukan sebagai balasan serangan roket yang ditembakkan Hamas ke perbatasan Israel pada Minggu malam pekan lalu.

"Pesawat-pesawat dan helikopter tempur menyerang target teroris di wilayah militer (Hamas) di utara Jalur Gaza," demikian bunyi pernyataan militer Israel. Dilansir CNNIndonesia.com.

Roket Hamas tersebut berhasil dicegat sistem pertahanan udara Israel. Pejabat keamanan Hamas menyatakan jet tempur Negeri Zionis menjatuhkan tiga roket dan menargetkan salah satu markas pasukannya di dekat Beit Lahila, utara Gaza.

Hamas menyatakan tak ada korban dalam insiden itu. Serangan Israel ini merupakan yang kedua dalam beberapa hari terakhir.

Pada Sabtu akhir pekan lalu, militer Israel juga meluncurkan serangan terhadap dua pangkalan Hamas. Hal itu dilakukan Israel sebagai balasan atas serangan balon berisikan bom yang dikirimkan Hamas ke perbatasan.

"Sebuah alat peledak yang terpasang pada beberapa balon diluncurkan dari Jalur Gaza ke wilayah teritori Israel," kata militer Israel.

"Sebagai respons, helikopter tempur Israel menargetkan serangan terhadap dua pos militer Hamas di Gaza.

Seorang sumber badan keamanan Hamas mengatakan salah satu serangan Israel itu mengenai sebelah timur Khan Yunis, selatan Gaza. Roket itu dikabarkan mengenai salah satu pos bservasi sayap bersenjata Hamas.

Sementara itu, serangan kedua Israel disebut mengenai timur kota Gaza. Sumber menuturkan tidak ada korban akibat serangan itu.

Israel dan Hamas telah berperang tiga kali sejak 2008 lalu. Israel menganggap Hamas sebagai organisasi teroris. (ite)

Kirim Komentar